The Weeknd Gelar Konser Virtual di TikTok Menampilkan The Weeknd dalam bentuk avatar. (Foto: Variety)

MUSISI asal Kanada The Weeknd akan menggelar konser virtual di TikTok pada 7 Agustus 2020. Konser dengan konsep augmented reality (AR) ini dilakukan dalam rangka mempromosikan album terbarunya, After Hours. Nantinya, konser virtual ini akan diadakan pada 8.30 malam waktu setempat dengan beberapa penayangan ulang yang telah dijadwalkan.

Baca juga:

Travis Scott Ramaikan Arena Fortnite dengan Penampilan Konser Megah

Pada Jumat 31 Juli 2020, pelantun lagu I Feel It Coming tersebut mengunggah sebuah poster di akun Instagram pribadinya. Poster itu menggambarkan sebuah avatar yang menggambarkan dirinya beserta tanggal dan waktu diadakannya konser virtual.

“Pengalaman pertama. Nikmati dan juga dukung Inisiatif Keadilan Sosial untuk kesetaraan rasial pada aplikasi TikTok. #TheWeekndEXP,” tulis keterangan di akun Instagramnya.

The Weeknd Gelar Konser Virtual di TikTok
Konser virtual di TikTok digelar 7 Agustus 2020. (Foto: Instagram/@theweeknd)

Konser bertajuk The Weeknd Experience ini diciptakan oleh TikTok bekerjasama dengan XO, Republic Records, dan Wave. Mengutip laman Variety, konser ini akan menampilkan The Weeknd dalam bentuk avatar digital untuk menyanyikan lagu-lagu dari album After Hours. Meski demikian, para penonton tetap dapat berinteraksi dengan The Weeknd saat ia tampil.

Baca juga:

Konser Virtual Perdana, The Upstairs Tampilkan Aransemen Berbeda

Acara yang menurut TikTok adalah event berkonsep AR pertama mereka ini, akan menggunakan 3D rendering dan video bentuk picture-in-picture untuk membuat livestream berjalan canggih.

Lagu Blinding Lights yang menjadi single kedua di album After Hours, menginspirasi lebih dari 1,5 juta kreator video di TikTok dan menciptakan tagar #BlindingLightsChallenge. Pada Juli 2020, The Weeknd menjadi artis paling sering di streaming di Spotify dengan lebih dari 60 juta pendengar setiap bulannya.

The Weeknd Gelar Konser Virtual di TikTok
Menciptakan tagar BlindingLightsChallenge. (Foto: The Verge)

Mengutip laman The Verge, The Weeknd Experience diadakan untuk menggalang dana bagi organisasi Equal Justice Initiative yang mendukung kesataraan rasial. Penonton dapat menyumbang selama konser virtual berlangsung.

Selain itu, TikTok akan membiarkan penonton membeli merchandise eksklusif dari The Weeknd Experience yang tersedia hingga 10 Agustus 2020.

Seperti yang diketahui, TikTok menjadi aplikasi video yang melonjak popularitasnya selama dua tahun terakhir ini, terlebih saat pandemi COVID-19. Namun, Donald Trump mengancam akan melarang aplikasi TikTok di wilayah AS atas dugaan masalah keamanan. (and)

Baca juga:

TWICE Konser Daring di Platform Beyond Live


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH