The Trial of the Chicago 7, Kisah Nyata Perjuangan Aktivis di AS Film The Trial of The Chicago 7 diangkat dari kisah nyata kerusuhan AS pada 1968.(Foto: YouTube-Netflix)

TUJUH pemuda AS dituduh berkonspirasi untuk turut menghasut dalam kerusuhan di Chicago pada 1968. Para aktivis itu akhirnya harus menjalani sidang di hadapan hakim Julius Hoffman.

Kisah ketujuh pemuda itu diangkat ke film drama The Trial of the Chicago 7. Film berdasar kisah nyata itu menceritakan sidang ketujuh pemuda atau yang disebut dengan Chicago Seven itu. Pada 1955, perang Vietnam dimulai dan banyak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat Amerika Serikat. Abbie Hoffman, Jerry Rubin, Tom Hayden, Rennie Devis, Lee Weiner, David Dellinger, dan John Froines ikut dalam arus perpecahan itu.

BACA JUGA:

Dokumenter Wawancara Terakhir John Lennon Rilis Akhir Tahun Ini

Puncak perlawanan mereka berbuah pemberontakan besar di Konvensi Nasional Demokrat. Semua aparat kepolisian dan pengunjuk rasa bentrok hingga akhirnya menjadi sebuah kerusuhan besar-besaran. Di bawah kepempimpinan Richard Daley, Wali Kota Chicago pada saat itu, aksi itu mengecam demonstran yang dinilai berlebihan.

Sampai pada akhirnya, para Chicago 7 didakwa karena telah melangggar UU yang menyatakan bahwa melakukan kerusuhan atau berkonspirasi menggunakan perdagangan antarnegara ilegal apalagi hingga memicu kerusuhan besar.

chigago 7
Tragedi unjuk rasa yang berujung kerusuhan besar di AS pada 1968. (Foto: YouTube-Netflix)

Aaron Sorkin duduk menjadi penulis serta sutradara dalam film yang menggambarkan kerusuhan antiperang dan pengadilan yang dilakukan pada masa itu. Dilansir Variety, Sorkin telah menulis skenario film ini pada 2007 lalu bersama Steve Spielberg. Namun, di tengah pembuatan naskah, Spielberg dipaksa mundur dan Sorkin mengubah naskah itu mirip seperti peristiwa yang terjadi pada 1968.

Dari trailer yang diungguah akun YouTube resmi milik Netflix, terlihat Sorkin sudah menggambarkan ketegangan yang terjadi di ruang persidangan pada saat itu. Para demonstran meneriakkan, 'The world is watching', kepada para aparat kepolisian. Hal itu membuat film ini terasa sangat nyata dan begitu menegangkan.

Film ini rilis tepat ketika warga AS sedang terpecah karena adanya pemilihan yang akan segera dilaksanakan. Simak kisah menegangkan tujuh aktivitis muda ini dalam film The Trial of the Chicago 7 hanya di Netflix mulai 16 Oktober 2020.(Ren)

BACA JUGA:

BLACKPINK akan Muncul di PUBG Mobile


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH