Seri Dokumenter

'The Social Dilemma', Melihat Sisi Gelap Algoritma Media Sosial

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 28 Agustus 2020
'The Social Dilemma', Melihat Sisi Gelap Algoritma Media Sosial
Dokumenter Netflix The Social Dilemma rilis 9 September 2020. (YouTube/Netflix)

KAMU termasuk salah satu pengguna aktif media sosial? Saat ini media sosial menjadi konsumsi sehari-hari untuk banyak orang. Platform media sosial juga menjadi sumber yang diandalkan untuk mencari informasi terbaru.

Namun sayangnya, dokumenter yang satu ini akan memperlihatkan betapa menyeramkannya dampak dari media sosial untuk mereka yang 'kecanduan'.

Baca juga:

Immigration Nation, Dokumenter Kisah Pilu Para Imigran di Perbatasan AS

'The Social Dilemma', Melihat Sisi Gelap Algoritma Media Sosial
The Social Dilemma menunjukkan bagaimana media sosial memanipulasi kita. (YouTube/Netflix)

Bagi kamu pencinta dokumenter Netflix, bersiaplah karena The Social Dilemma akan tayang segera tayang. Dokumenter ini akan membuat kita melihat betapa jahatnya media sosial.

Kamu akan melihat bagaimana algoritma dan platform media sosial itu bisa memanipulasi kita. Bahkan sampai mempengaruhi kesehatan mental individu yang terlalu banyak mengonsumsi media sosial.

Tidak hanya itu, media sosial juga menjadi salah satu sumber disinformasi dan juga digunakan untuk kepentingan politik.

Dari trailer yang dirilis pada 28 Agusutus 2020, memperlihatkan bagaimana platform-platform mengintai perilaku kita dari dunia maya. Dilansir dari Indiewire, ALgoritma itu mengontrol apa yang kita lihat dan bagaimana kita melihatnya.

Dokumenter ini digarap oleh Jeff Orlowski dan memperlihatkan bagaiamana perusahaan teknologi besar itu sangatlah berbahaya.

Baca juga:

Series Netflix 'Fear City: New York vs The Mafia' Mengupas Kisah Organisasi Kejahatan di AS

Melansir laman Vanityfair, perusahaan-perusahaan teknologi itu melakukan tiga hal. Memata-matai kita, memanipulasi kronologi (feed), dan memperdalam bias kita sampai menyingkirkan hal-hal penting lainnya dari media sosial.

Hal ini bisa terjadi ketika kamu sedang mencari suatu produk di internet, maka lamanmu akan terisi dengan iklan-iklan dari produk tersebut. Terkadang itu bisa memanipulasi pikiran kita untuk membelinya.

'The Social Dilemma', Melihat Sisi Gelap Algoritma Media Sosial
Media sosial mengontrol kegiatan kita di dunia maya. (YouTube/Netflix)

Segala kegiatan yang kamu lakukan di dunia maya akan dilacak dan didata oleh platform-platform media sosial. Dokumenter ini menjadi sebuah peringatan untuk kita tentang bagaimana penggunaan media sosial itu sangat berpengaruh.

The Social Dilemma juga mengingatkan bahwa kita bisa saja kecanduan terhadap media sosial tersebut. Bahkan membuat masyarakat kita terbagi-bagi dalam dua kubu. Kemajuan teknologi memang membawa dampak positif, tetapi juga dampak negatif.

Nantikan dokumenter ini pada awal Septermber 2020. Akankah dokumenter ini membuatmu ingin mengurangi kegiatan media sosial atau secara ekstrem akan berhenti dari media sosial? (ren)

Baca juga:

World's Most Wanted, Kisah Pelarian 5 Buronan Kelas Kakap Dunia

#Netflix #Film Dokumenter
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan