'The Power of We', Segmen Anti Rasialime dari 'Sesame Street'

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 14 Oktober 2020
'The Power of We', Segmen Anti Rasialime dari 'Sesame Street'
Sesame Street buat program spesial untuk bahas isu anti rasialisme. (Foto: Instagram/@sesamestreet)

ISU anti rasialisme memang harus diajari sedini mungkin. Maka dari itu Sesame Workshop selaku organisasi di balik serial Sesame Street sudah siapkan program khusus untuk membahas masalah tersebut. Segmen yang diberi nama The Power of We itu akan disiarkan di HBO Max dan saluran streaming PBS 24/7 pada 15 Oktober mendatang.

Mengutip Insider, program spesial ini akan menampilkan tokoh terkenal Sesame Street seperti Elmo dan Abby Cadabby. Tidak sendiri, keduanya akan ditemani oleh Muppets Gabrielle dan Tamir. Para karakter juga akan didampingi oleh aktor manusia Sesame Street serta beberapa tamu selebritas dan musisi. Mulai dari aktor Yara Shahidi, Christopher Jackson selaku aktor Hamilton, dan penyanyi Andra Day.

Baca juga:

Gal Gadot Jadi Ratu Mesir di ‘Cleopatra’

Mereka semua akan membicarakan mengenai bagaimana cara melawan perlakuan tidak adil karena perbedaan warna kulit - atau bulu. Selain ditayangkan di televisi, Sesame Workshop juga membuat panduan diskusi tentang cara membicarakan rasisme secara online.

Nantinya dalam The Power of We penonton akan mendengarkan dua lagu baru berjudul How Do You Know? dan Listen, Act, Unite yang ditulis dan dinyanyikan oleh Jacksong and features Day. Pastinya lagunya kental dengan isu anti rasialisme namun dengan lirik yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

Dalam rilis pers yang dikeluarkan Sesame Workshop, program ini ditujukan untuk mengedukasi keluarga dan anak-anak mengenai rasialisme. Menurut mereka topik tersebut sangat penting untuk didiskusikan saat ini.

Baca juga:

Terbesar, Jumlah Pengikut Dywane Johnson di Instagram

"Kami percaya bahwa momen ini membutuhkan diskusi langsung mengenai rasisme untuk membantu anak memahami isu dan mengajari bahwa mereka tidak pernah terlalu muda untuk menjadi penegak bagi diri mereka sendiri, satu sama lain, dan komunitas mereka," jelas representatif Sesame Workshop.

Selama hampir 51 tahun terakhir, Sesame Street memang sering membahas isu kompleks namun dengan cara yang mudah dipahami anak. (Foto: Instagram/@sesamestreet)
Selama hampir 51 tahun terakhir, Sesame Street memang sering membahas isu kompleks namun dengan cara yang mudah dipahami anak. (Foto: Instagram/@sesamestreet)

Serial yang tayang sejak 10 November 1969 itu memang memiliki kemampuan untuk menghibur anak sembari menjelaskan isu-isu kompleks. Beberapa bulan lalu saat isu Black Lives Matter tengah memanas, Sesame Street juga langsung turun tangan.

Dalam upaya memberikan pemahaman mengenai isu rasialisme, para karakter Sesame Street tampil dalam acara CNN bertajuk Coming Together: Standing Up to Racism. Pada segmen tersebut, Elmo, Big Bird, Abby Cadabby, dan tokoh lainnya menjelaskan pengertian rasialisme dengan cara yang ramah sehingga mudah dipahami anak. (Sam)

Baca juga:

Platform Streaming Jadi Fokus Disney

#Program TV #Program Anak
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan