The Plaza IBCC Manfaatkan Area Parkir untuk Instalasi PLTS Atap

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 05 Desember 2023
The Plaza IBCC Manfaatkan Area Parkir untuk Instalasi PLTS Atap
Inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Istana Group untuk Kota Bandung dalam pertumbuhannya menuju kota yang ramah lingkungan. (Foto: Suryanesia)

SALAH satu pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Barat, The Plaza Istana Building Commodities Center (IBCC), meresmikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 408,75 kWp. Kerja sama ini dilakukan bersama Suryanesia, perusahaan yang menyediakan energi bersih bagi pelaku usaha di Indonesia.

Instalasi yang terpasang di The Plaza IBCC merupakan sistem PLTS solar carport dengan total luas area 1.960 meter persegi. Melalui inovasi solar carport tersebut, panel surya tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan energi bersih, tetapi juga sebagai atap yang meneduhkan area parkir mall sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat.

"Kami berharap apa yang diresmikan hari ini dapat menginspirasi pusat perbelanjaan lainnya, khususnya di Kota Bandung, dalam rangka membantu Pemerintah membatasi peningkatan suhu global sesuai komitmen yang dibuat dalam Paris Agreement," kata Direktur The Plaza IBCC Abrijanto Effendi dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com Jumat (1/12).

Baca juga:

Indonesia Kini Punya PLTS Terbesar Ketiga di Asia Tenggara

The Plaza IBCC Manfaatkan Area Parkir untuk Instalasi PLTS Atap
Instalasi yang terpasang di The Plaza IBCC merupakan sistem PLTS solar carport dengan total luas area 1.960 meter persegi. (Foto: Suryanesia)

Abrijanto mengungkapkan bahwa akan ada pemasangan PLTS bersama Suryanesia di proyek Istana Group lainnya. Inisiatif ini bentuk dukungan Istana Group untuk Kota Bandung dalam pertumbuhannya menuju kota yang ramah lingkungan. Melalui langkah ini, Istana Group berharap dapat menjadi teladan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menekan pentingnya kemajuan dan tanggung jawab lingkungan.

Untuk memaksimalkan produksi listrik, Suryanesia menggunakan panel surya bifacial pada solar carport agar dapat menyerap sinar matahari dari atas maupun pantulan cahaya dari bawah. Kombinasi ini mampu menghasilkan energi 30 persen lebih banyak dibandingkan panel surya konvensional.

Dengan instalasi PLTS ini, setiap tahunnya The Plaza IBCC dapat menghasilkan energi bersih sebesar 633.396 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 497.089 kilogram karbon dioksida.

Baca Juga:

PLN Operasikan PLTS Terapung di Semarang

The Plaza IBCC Manfaatkan Area Parkir untuk Instalasi PLTS Atap
Dapat menghasilkan energi bersih sebesar 633.396 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 497.089 kilogram karbon dioksida. (Foto: Suryanesia)

Didukung dengan proses dan teknologi PLTS Atap terbaru, The Plaza IBCC mempercayai Suryanesia sebagai mitra strategis dalam pemasangan sistem PLTS, mulai dari proses desain, instalasi, dan perizinan hingga PLTS dapat beroperasi.

Suryanesia berkomitmen dalam membantu perusahaan komersial maupun industrial untuk beralih ke sumber energi terbarukan.

"Kami bangga bermitra dengan Istana Group dalam mendukung visi mereka untuk menunjukkan bahwa perkembangan ekonomi dapat berjalan beriringan dengan keberlanjutan lingkungan," tutup Head of Business Development Suryanesia Grant Adsit. (and)

Baca Juga:

Mulai 30 Oktober, PLTSa Putri Cempo Mulai Memproduksi Listrik

#Sains #Teknologi #Ramah Lingkungan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan