‘The Pale Blue Eye’, Film Thriller yang Terinspirasi dari Pengalaman Edgar Allan Poe

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 11 Januari 2023
‘The Pale Blue Eye’, Film Thriller yang Terinspirasi dari Pengalaman Edgar Allan Poe
Film 'The Pale Blue Eye' memiliki beberapa aspek yang diambil dari kisah nyata. (Foto: Netflix)

SESOSOK tubuh tentara berseragam biru tergantung di antara tebing dan pepohonan, di tengah musim dingin. Ia adalah korban pembunuhan yang kesekian di dalam akademi militer milik Amerika Serikat. Lalu, sosok Edgar Allan Poe muncul di tengah kasus mengerikan itu.

Bukan sebagai penulis dan penyair yang selama ini dikenal, Edgar Allan Poe di sini adalah sosok kadet. Tentara muda di pelatihan ini bekerja sama dengan detektif Augustus Landor untuk menyelidiki kasus yang terjadi di West Point, New York, Amerika Serikat.

Kisah tersebut merupakan plot dari film bergaya thriller dan misteri bertajuk The Pale Blue Eye. Tayangan besutan Netflix itu diperankan oleh Christian Bale sebagai detektif Landor dan Harry Melling sebagai Poe. Mengacu dari laman NME, film berlatar abad ke-19 ini diadaptasi dari novel bertajuk sama karya Louis Bayard pada 2003.

Baca juga:

Fakta Menarik Film Thriller 'The Menu'

Meski bersifat fiksi, beberapa adegan dalam ‘The Pale Blue Eye’ ternyata terinspirasi dari kisah nyata. Ini disampaikan oleh Scott Cooper selaku sutradara dalam artikel milik Tudum, Netflix (28/12). Cooper menyatakan bahwa film ini berusaha mendeskripsikan cara penulis Edgar Allan Poe memandang dunia.

Seperti diketahui, Poe memanglah seorang penyair terkenal asal Amerika Serikat pada abad ke-19. Karya-karyanya lebih banyak berfokus pada romantisme yang gelap.

Poe memperoleh cara pandangnya dari pengalaman kelam di dunia militer. Di Akademi Militer Amerika Serikat daerah West Point pada 1830, Poe dididik dengan keras dalam hal disiplin.

Selain itu, Poe juga sempat diadili di pengadilan militer pada 1931 karena kelalaian bertugas dan ketidaktaatan pada pemerintah. Ada yang mengatakan bahwa ia sengaja melakukannya supaya bisa bebas dan pergi dari akademi militer.

Baca juga:

Rekomendasi Tayangan Thriller Korea di Netflix Desember 2022

edgar allan poe
Sosok detektif Landor merupakan karakter fiktif yang sengaja dibuat untuk membangun cerita dalam novel dan film. (Foto: Netflix)

Nah, The Pale Blue Eye berusaha meneruskan sudut pandang Poe itu melalui berbagai adegan akademi militer di lokasi yang sama. Misalnya tentang kematian, efek pembusukan jasad, dan kesedihan yang mendalam.

Sedangkan detektif Landor merupakan karakter fiktif di novel yang sengaja dibuat untuk membangun cerita. Bayard selaku penulis menyatakan bahwa ia butuh karakter detektif yang bisa jadi mentor sekaligus ‘ayah’ bagi sosok Poe. Mereka juga ditakdirkan untuk menyelesaikan masalah kriminal bersama.

Nama detektif Landor sendiri terinspirasi langsung dari salah satu cerita pendek milik Poe. Judulnya adalah "Landor’s Cottage". Selain soal nama, cerita pendek ini juga menginspirasi Bayard dalam mendeskripsikan kediaman sang detektif, baik di novel maupun di film. (mcl)

Baca juga:

'The Glory', Drama Thriller Pertama Song Hye-Kyo

#Film Baru #Film Thriller
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan