’The Little Mermaid’ Mendominasi Box Office AS

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 29 Mei 2023
’The Little Mermaid’ Mendominasi Box Office AS
The Little Mermaid' Menargetkan penonton perempuan. (Foto: YouTube/Disney)

DEBUT film live-action dari film animasi ikonik The Little Mermaid telah meraup USD 95,5 juta (Rp 1,4 triliun) dan menduduki puncak box office AS, setelah tayang selama empat hari (24-28 Mei) di AS. Di luar AS, Little Mermaid memulai dengan USD 68,3 juta (Rp 1,02 triliun) yang mengecewakan dari 51 pasar untuk peluncuran global yang diperkirakan akan meraup USD 185,8 juta (Rp 2,7 triliun) hingga Senin (29/5).

Mengutip The Hollywood Reporter, Minggu (28/5), di Tiongkok film itu debut hanya berhasil meraup USD 2,5 juta (Rp 37,4 miliar). Pakar box office mengatakan kampanye media sosial yang memprotes aktris kulit hitam yang berperan sebagai Ariel dapat berdampak di pasar Asia dan di tempat lain.

Baca juga:

Live-Action ‘The Little Mermaid’ Penuh Keseruan

Di Amerika Utara, The Little Mermaid meraih skor ‘A’ di situs CinemaScore. Ini adalah film musim panas 2023 pertama yang menargetkan penonton perempuan.

Fast X dari Universal dengan mudah menduduki peringkat kedua tangga box office AS dengan berhasil meraup lebih dari USD 500 juta (Rp 7,4 triliun) di box office global setelah 12 hari pertama peluncurannya. Film tersebut mengalami penurunan pendapatan sekitar 66 persen dari akhir pekan perilisannya.

Fast X selama periode yang sama berhasil menambahkan USD 24,3 juta (Rp 363 miliar) lagi dari pasar diluar AS, dengan total pendapatan diluar AS menjadi USD 399,3 juta (Rp 5,9 triliun). Secara keseluruhan film itu telah berhasil meraup USD 507,3 juta (Rp 7,5 triliun) di seluruh dunia.

Disney dan Marvel mengambil posisi ke tiga melalui film Guardians of the Galaxy Vol. 3. Film itu berhasil menambahkan USD 19,9 juta (Rp 298 miliar) dari bioskop di AS dan membuat total pendapatannya di AS menjadi USD 299,4 juta (Rp 4,4 triliun).

Baca juga:

'Killers of the Flower Moon' Digadang akan Catat Sejarah Baru di Oscar

The Super Mario Bros. Movie dari Universal dan Illumination menempati posisi keempat dengan menambahkan USD 6,2 juta (Rp 92,8 miliar) selama di pekan ke delapannya, membuat total pendapatannya menjadi USD 558 juta (Rp 8,8 triliun).

The Machine melengkapi urutan lima teratas tangga box office AS, dibintangi oleh Bert Kreischer dan terinspirasi oleh aksi stand-up komedian dengan nama yang sama. Mark Hamill ikut membintangi film tersebut, dan berhasil menghasilkan USD 4,9 juta (Rp 73,3 miliar) dari empat hari penayangan perdananya di 2.409 bioskop di AS. (kna)

Baca juga:

Lionsgate Konfirmasi John Wick 5

#Film #Box Office
Bagikan
Ditulis Oleh

Krisna Bagus

work smart, play hard.
Bagikan