Gerai Ramah Lingkungan The Body Shop Packaging body shop yang cantik berasal dari sampah daur ulang. (FOTO: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

PERUBAHAN iklim menjadi isu nomor satu bagi generasi muda Indonesia. Sayangnya, hanya 50 persen yang bersuara. Sebanyak 50 persen generasi muda cukup vokal membahas isu lingkungan melalui media sosial, tetapi hanya 23 persen yang melakukan aksi nyata.

Untuk menggugah lebih banyak generasi muda yang aktif berkontribusi untuk keselamatan lingkungan, produk kecantikan The Body Shop menggiatkan berbagai hajatan yang berkelanjutan dan ramah untuk bumi. Produk kecantikan tersebut bahkan 'menyulap' gerainya di Kota Kasablanka, Jakarta, menjadi lebih berkelanjutan. Selain itu, brand tersebut juga memanfaatkan sampah untuk interior. Biarpun terbuat dari sampah, interior yang dipasang terlihat tetap cantik.
BACA JUGA: Bring Back Our Bottle, Langkah Awal #KerenTanpaNyampah

Ketika memasuki ruangan, pembeli akan disambut deretan pot cantik berwarna teracota. Pot berisikan tanaman kaktus tersebut terbuat dari puntung rokok loh. Pot daru ulang tersebut dibuat kelompok seniman asal Jawa Barat bernama Parongpong. "Di Parongpong kami percaya enggak ada produk sampah. Hal yang ada hanya produk yang belum terevitalisasi dengan baik. Sampah bisa jadi sesuatu yang high value," ujar Rendy Aditya Wachid, perwakilan Parongpong, saat peluncuran serta tur konsep baru gerai The Body Shop Indonesia, Kamis (19/5). Selain pot tanaman, Parongpong 'menyulap' puntung rokok menjadi wadah untuk produk kecantikan.

pot bunga
Pot bunga dari puntung rokok .(FOTO: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Tidak jauh dari deretan pot cantik berwarna teracota, tersaji properti skincare dan make-up daur ulang. Salah satunya ialah laci kecil berwarna cantik yang terbuat dari botol bekas.

Sejak lama, The Body Shop telah melakukan kampanye #BringBackOurBottle dengan customer bisa mengembalikan botol kosong PET ke gerai terdekat. Botol kosong yang sudah dikumpulkan akan dibersihkan kemudian dihancurkan menjadi serpihan kecil lalu dibuat produk baru mulai dari laci untuk wadah make-up, tatakan gelas, sisir hingga make-up holder.

BACA JUGA:
make up
Satu make up holder butuh 500 gram plastik (FOTO: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

"Overall sustainable material. Ada yang dari recycle material atau reuse. Reuse misalnya, kayu-kayu yang ada di sini. Kayu pun sustainable artinya tidak didapatkan dari illegal logging," ujar Head of PR and Community of The Body Shop Indonesia Ratu Ommaya.

Di sebelah kanan bagian depan toko, ada sebuah station menarik yang belum pernah ada di gerai kecantikan mana pun, yakni refill station. "Sebelumnya, customer bisa beli botol dan isinya utuh. Setelah habis, bisa dibawa ke sini untuk diisi ulang," jelas GM of Store Operations of The Body Shop, Sulastri.

Sulastri menyebut program yang telah dimulai sejak September 2021 bertujuan itu agar customer tidak perlu memperbanyak jumlah botol kosong di rumah. Produk yang bisa didaur ulang, antara lain shower gel, shampoo, conditioner hingga handwash. "Cukup dibersihkan dengan air bersih pada bagian dalamnya. Begitu sudah bersih dan kering, bawa ke store untuk isi ulang," terangnya.

Hal yang lebih seru,, kita bisa refill dengan apa pun sesuka hati kita. "Walaupun isi pertama shower gel, terus mau isi ulangnya shampoo, itu boleh banget," ucapnya.

body shop
Refill The Body Shop (FOTO: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Lebih lanjut Sulastri menjelaskan produk yang bisa diisi ulang menggunakan botol khusus yang memang didesain untuk penggunaan jangka panjang sehingga memungkinkan untuk dipakai lagi dan lagi. "Kami sangat memperhatikan higienitas dari produk. Jadi memang enggak bisa isi ulang dengan botol tipe PET," imbuhnya

Station refill hanya tersedia di lima gerai The Body Shop Indonesia. Namun, kamu enggak perlu khawatir. Kamu bisa titip dan produk yang sudah diisi ulang bisa diantarkan ke alamat rumah atau kantormu.

"Kalau isi ulang akan otomatis dapat harga lebih murah. Ekonomis. Kalau yang botol plastik cuma isi 250 ml. Tapi ini dapat 300 ml. Dengan pakai ini, kita enggak hanya hemat uang, tapi juga hemat sampah hingga 25 ton," terangnya.

Selain isi ulang shampoo dan sabum, kemasan untuk lotion juga dari daur ulang. Tutup kemasan produk tersebut 100 persen terbuat dari aluminium. Sementara itu, kemasannya terbuat dari bahan recycle. Walau menggunakan produk daur ulang, The Body Shop menjamin bahwa produknya aman digunakan. "Dengan pakai kemasan ini kita bisa mengurangi penggunaan virgin plastic sebanyak 200 ton," jelas perwakilan The Body Shop itu.

Di salah satu pojok gerai terdapat e-corner. "Di sini, pelanggan bisa melihat proses menjalankan produksi recycle. Pertama kemasan kosong dikembalikan customer. Sebanyak 1,5 juta kemasan dikembalikan kepada kami setiap tahun. Selanjutnya, plastiknya dicacah dan dipisahkan berbagai warna. Ketiga ada proses mengubah recycle menjadi suatu yang baru, misalnya sisir," urai Executive Chairperson dan Owner of The Body Shop Indonesia, Suzy Hutomo.

KECANTIKAN
E-corner di gerai The Body Shop Kota Kasablanka, Jakarta. (FOTO: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)
Lebih lanjut Suzy menyebut salah satu publik figur yang pernah desain untu produk daur ulang The Body Shop ialah Iqbaal Ramadhan. Serunya lagi, kamu bisa juga refill minuman di sini. Free of charge. Tertarik untuk belanja ke The Body Shop?(Avia)
BACA JUGA:Melantangkan Suara Generasi Muda lewat Kampanye Be Seen Be Heard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
NieR Automata Masuk Nintendo Switch pada Oktober 2022
Fun
NieR Automata Masuk Nintendo Switch pada Oktober 2022

Bisa kamu mainkan mulai 6 Oktober.

Konser 'Rhapsody Nusantara' Gali Kembali Makna Sumpah Pemuda
Fun
Konser 'Rhapsody Nusantara' Gali Kembali Makna Sumpah Pemuda

Rhapsody Nusantara mengambil momentum Sumpah Pemuda karena nilai-nilai Sumpah Pemuda tidak boleh dilupakan oleh generasi milenial sekarang.

Bikin Iri, Grup Pertemanan di Drakor ini Solid Banget
ShowBiz
Aktivitas Asyik Tingkatkan Kecerdasan Anak
Hiburan & Gaya Hidup
Aktivitas Asyik Tingkatkan Kecerdasan Anak

Para orangtua bisa memulai melakukan aktivitas sederhana bersama anak.

Pemilu 1999 Berasas Luber Jurdil
Fun
Pemilu 1999 Berasas Luber Jurdil

Menggunakan sistem perwakilan berimbang (proporsional) dengan stelsel daftar dan asas Luber Jurdil.

Dua Kali Menangi Emmy Aktris Utama, Zendaya Catat Rekor
ShowBiz
Pandji Pragiwaksono Bawa Pesan Penting di Album Merdesa
Hiburan & Gaya Hidup
Pandji Pragiwaksono Bawa Pesan Penting di Album Merdesa

Pandji Pragiwaksono, membawa pesan bahwa seseorang harus hidup merdesa atau patut dan layak setelah merdeka

Show di Las Vegas Ditunda, Adele Nangis
ShowBiz
Show di Las Vegas Ditunda, Adele Nangis

Timnya telah 'sangat menentang'.

Mengungkap 5 Mitos Tabir Surya yang Bikin Gagal Paham
Fun
Mengungkap 5 Mitos Tabir Surya yang Bikin Gagal Paham

Banyak orang masih salah paham tentang tabir surya.

Kena Candu Tiktok, Remaja Cenderung Lemah Ingatan dan Pelupa
Hiburan & Gaya Hidup
Kena Candu Tiktok, Remaja Cenderung Lemah Ingatan dan Pelupa

Remaja yang kecanduan Tiktok mengalami pengurangan kapasitas memori.