The Body Shop Indonesia Serukan Perdamaian di Palestina

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 16 November 2023
The Body Shop Indonesia Serukan Perdamaian di Palestina
The Body Shop Indonesia donasikan Rp 1 miliar untuk bantu Palestina.(foto: dok The Body SHop Indonesia)

SEBUAH partisi hijau ditempatkan dekat pintu masuk Restoran Pippo Italian Senayan City, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/11). Di partisi tersebut, tertera nukilan beberapa pemberitaan mengenai kondisi perang yang berkecamuk di Palestina. ‘Warga Palestina yang tewas mencapai 11.000 dan terus bertambah. Sekitar 65 persen di antaranya ialah anak-anak dan perempuan’. Demikian bunyi salah satu kutipan berita dari CNBC Indonesia dan BBC.

Kisah kondisi warga Palestina di Gaza tersebut menjadi pemberitaan hangat sejak konflik kembali mencuat pada 7 Oktober lalu. “Gaza Utara saat ini tanpa listrik, air bersih, dan rumah sakit tak bisa beroperasi penuh. Hingga kini, sekitar 1,7 juta orang telah kehilangan tempat tinggal mereka dan terpaksa mengungsi,” kata Co-Founder & Executive Director of WeCare.id Gigih Septianto dalam diskusi Bersatu untuk Kemanusiaan: Kolaborasi Multi Sektor Mengatasi Krisis di Palestina yang digagas The Body Shop Indonesia di Restoran Pippo Italian Senayan City, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

BACA JUGA:

The Body Shop Indonesia Bantu Teman Disabilitas Jadi Produktif

“Hal yang terjadi di Palestina ini merupakan penjajahan. Ini bukan masalah agama ataupun ras,” kata Nessie Judge yang hadir dalam kesempatan sama. Content creator yang terlihat ikut dalam aksi dukung Palestina pada awal November lalu ini mengajak publik, terutama anak muda, untuk lebih getol mencari apa yang sebenarnya terjadi dan aktif ikut dalam menciptakan perdamaian. “Dengan cara apa pun yang kita bisa, kita harus ikut membantu. Kamu bisa berdonasi atau sesimpel menyuarakan dukungan,” imbuhnya. Ia menekankan langkah-langkah kecil yang kita lakukan bisa berdampak besar dan memicu perubahan. “Saat ini, kita serukan gencatan senjata, percepatan bantuan kemanusiaan, dan usaha untuk menjaga perdamaian,” katanya.

palestina-TBI
Kondisi warga Palestina di Gaza menjadi sorotan dunia.(foto: Merahputih.com/Dwi Astarini)

Semangat yang sama juga digaungkan The Body Shop Indonesia. Sebagai beauty brand yang berkomitmen pada nilai-nilai aktivisme, sosial, dan kemanusiaan, The Body Shop Indonesia mengumumkan donasi senilai Rp 1 miliar untuk bantuan kemanusiaan Palestina, khususnya di Gaza, yang saat ini mengalami krisis akibat serangan militer Israel. Donasi tersebut akan disalurkan melalui WeCare.id. CEO of The Body Shop Indonesia Suzy Hutomo mengatakan situasi yang terjadi di Palestina tidak bisa dibiarkan berlanjut apalagi sampai terjadi di belahan dunia lain. “Bisnis haruslah bergerak untuk kemanusiaan. Kita harus bergerak mendorong perdamaian,” tegasnya.

Lebih jauh Suzy mengatakan setiap orang harus berperan di bidang masing-masing dan dalam kapasitas masing-masing. Kampanye itu mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam mendukung masyarakat di Palestina dengan cara menyumbang, menyuarakan perdamaian untuk kemanusiaan, dan berdoa. "The Body Shop selalu membawa nilai-nilai aktivisme untuk perubahan positif, termasuk aspek kemanusiaan, sosial, dan lingkungan. Kami merasa penting untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina, terutama saudara-saudara kita di Gaza yang sedang menghadapi situasi yang sangat sulit dan tidak adil,” imbuhnya.

Kerja sama penyaluran donasi bersama WeCare.id telah beberapa kali dijalin kedua pihak. Sebelumnya, ketika masa pandemi COVID-19, keduanya telah bekerja bersama untuk bantuan di bidang kesehatan. Gigih mengatakan sebagai respons kemanusiaan atas kondisi di Palestina, WeCare.id menggandeng pemuda lokal Gaza untuk menjadi relawan kemanusiaan. Saat ini, platform crowdfunding kesehatan dan sosial yang telah berpengalaman dalam menyalurkan bantuan ke Palestina tersebut memiliki 450 relawan. “Hingga saat ini, kami telah menyalurkan donasi sebesar Rp 2 miliar. Ada yang disalurkan dengan berkoordinasi bersama Kementerian Luar Negeri Indonesia atau langsung lewat relawan kami di Gaza,” kata Gigih.

BACA JUGA:

Demi Masa Depan Bumi, The Body Shop Indonesia Kampanyekan Pelestarian Orangutan

Selain donasi Rp 1 miliar yang diserahkan di sela acara diskusi ini, The Body Shop Indonesia juga menggalang donasi mulai 16 November 2023 hingga 7 Januari 2024. The Body Shop mengajak seluruh elemen masyarakat untuk secara proaktif berdonasi membantu rakyat Palestina yang tengah menderita akibat konflik melalui donasi kasir di Changemaking Store The Body Shop di seluruh Indonesia. Bantuan nantinya akan disalurkan untuk kebutuhan esensial seperti makanan, sanitasi, dan kesehatan. “Sekitar 20 November nanti, kami akan mengirimkan bantuan melalui Kemenlu. Fokus bantuan kami yakni hygiene kit, pakaian dalam, sabun, pembalut, dan shelter cleaner,” jelas Gigih.

The Body Shop Indonesia berharap bahwa donasi ini dapat membantu meringankan beban dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina, serta memberikan harapan dan semangat bagi mereka untuk terus bertahan.“Peran multisektor, baik itu masyarakat umum lewat suara dari rekan-rekan media dan influencers, sektor bisnis seperti The Body Shop, danorganisasi sosial dan kemanusiaan seperti WeCare.id, diharapkan dapat berkontribusi membantu mereka untuk terus mendapatkan kekuatan,” kata Suzy.

TBI-palestina
Menuliskan harapan untuk Palestina.(foto: Merahputih.com/Dwi Astarini)

Di akhir diskusi, semua pihak yang hadir menuliskan harapan mereka untuk Palestina di atas kertas beraksen semangka, lambang perjuangan Palestina. Ungkapan dukungan itu kemudian ditempel di sebuah papan hijau. Kami berharap agar tindakan yang melanggar prinsip-prinsip dasar kemanusiaan dan hak asasi manusia dapat segera dihentikan, serta perdamaian segera tercipta" tutup Suzy.(dwi)

BACA JUGA:

Rayakan Self-love, The Body Shop Gelar Fragrance Festival

#Aksi Sosial #Palestina
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan