The ALFA-X, Kereta Peluru Tercepat Dunia Lakukan Uji Coba Perdana Setelah beroperasi, Shinkansen The ALFA-X akan menjadi kereta peluru tercepat di dunia (Foto: mainichi.jp)

MEMBAHAS kereta peluru, Negeri Matahari Terbit masih menjadi pelopor. Kereta Shinkansen buatan Jepang terkenal dengan kemampuannya untuk mencapai kecepatan yang sangat tinggi, dan secara signifikan memangkas waktu perjalanan. Baru-baru ini, Jepang telah memulai uji coba untuk kereta peluru tercepat yang pernah ada di dunia, The ALFA-X.

Uji coba untuk kereta peluru tercepat dunia tersebut akan berlangsung selama tiga tahun, kereta Shinkansen versi The ALFA-X resmi memulai uji cobanya pada 11 Mei 2019.

Saat kereta mulai beroperasi untuk umum, diperkirakan pada 2030, itu akan menjadi kendaraan darat tercepat di dunia. Melampaui kompetitor dan kereta peluru yang pernah dibuat Jepang sebelumnya, The ALFA-X akan melaju dengan kecepatan hingga 360 kilometer per jam.

The ALFA-X juga akan melampaui kereta peluru buatan Tiongkok, Fuxing China, yang memiliki kecepatan maksimal 350 kilometer per jam. Lebih lambat 10 kilometer per jam dibandingkan dengan kereta The ALFA-X, meskipun kereta dari Negeri Tirai Bambu tersebut dirancang dengan kemampuan yang sama.

Kereta peluru futuristik buatan Jepang ini, memiliki desain moncong (kepala) yang panjang dengan 10 gerbong yang membuntutinya. The ALFA-X menjadi tonggak pencapaian baru untuk perkembangan kereta Shinkansen, yang mengandalkan layanan kereta berkecepatan tinggi terkenal, bahkan lebih cepat menuju “masa depan”.

The ALFA-X akan diuji di jalur antara kota Sendai dan Aomori, yang berjarak sekitar 280 kilometer. Uji coba tersebut akan dilakukan setelah tengah malam, ketika jalur kereta sudah sepi setiap dua kali seminggu.

Uji coba Shinkansen versi The ALFA-X menyusul uji coba kereta cepat Jepang versi terbaru, N700S, yang telah memasuki tahap berikutnya sejak pertamakali melakukan uji coba lebih dari satu tahun lalu.

The ALFA-X, Kereta Peluru Tercepat di Dunia Lakukan Uji Coba
Kereta Peluru Shinkansen N700S siap beroperasi 2020 (Foto: Japan Rail Pass)

Kereta Shinkansen N700S akan mulai beroperasi pada tahun 2020, dengan kecepatan maksimal 300 kilometer per jam, tentunya dapat dengan mudah tersusul oleh versi The ALFA-X. Kesibukan Jepang untuk model-model Shinkansen baru bertepatan dengan persiapan negara tersebut untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 di Tokyo.

Bagaimanapun, seberapa cepat kedua kereta baru di atas dapat melaju dalam masa uji coba, baik The ALFA-X maupun N700S masih belum bisa memecahkan rekor yang dicetak kereta teknologi levitasi magnetik (berbeda teknologi dengan kereta peluru) Jepang.

Kereta maglev tersebut berhasil menembus kecepatan 603 kilometer per jam di jalur percobaan yang dilakukan pada tahun 2015. Indonesia kapan ya punya kereta peluru berkcepatan tinggi? (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya