Thavita Serukan Pemberdayaan Wanita di Single ‘Kuat’

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 02 Juli 2021
Thavita Serukan Pemberdayaan Wanita di Single ‘Kuat’
Thavita masukan pesan kuat dalam single 'Kuat'. (Foto: istimewa)

MEMASUKI pertengahan 2021, musisi kelahiran 1992, Thavita berikan kejutan terbaru lewat single berjudul Kuat yang rilis pada 18 Juni 2021. Kejutan tersebut tidak hanya berbentuk karya, tetapi juga sebuah pesan tentang pemberdayaan perempuan.

“Sebagai perempuan, aku rasa kitalah yang seringkali meragukan kemampuan kita sendiri. Padahal, kita kuat. Kita berdaya. Kita punya andil di dunia. Judul lagu ini ingin secara luas menyuarakan itu agar para perempuan tahu dan bisa saling mengingatkan, betapa kuatnya kita,” ucap Thavita dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih pada Minggu (27/6).

Baca juga:

Allo Cables Lahir dari Ide Lama

Bersama single Kuat, Thavita melangkah memasuki babak baru perjalanannya sebagai seorang musisi dengan menyuarakan isu yang menjadi keresahan sekaligus kebanggaanya sebagai perempuan.

Kuat diharapkannya menjadi kekuatan tersendiri untuk para perempuan di luar sana untuk berani bersuara, berkarya, dan melangkah maju dalam medan tempurnya masing-masing.

“Sebagai musisi, sepertinya tugas kita bukan hanya sekadar bermusik, tetapi membuat dampak. Supaya semua karya-karya itu tidak sia-sia dan panjang usianya, karena ada keberlanjutan yang kita buat,” tambah perempuan kelahiran Bandung tersebut.

Thavita selalu hadir dengan hal-hal baru. Kali ini, dengan elemen spoken words yang diinkorporasikan ke dalam lagu, khususnya pada bagian bridge.

Baca juga:

Potret Memori Gangga Terangkum di Single ‘Whiskey Bottle’

Selain memberi nuansa updbeat pada tema R&B lagu ini, spoken words juga menunjukkan sisi lain seorang Thavita yang vokal dan vibrant, seperti penggalan lirik nan berbunyi “Angkat tegak perisaimu/Waktunya untuk buktikan/Saatnya kau menggenggam dunia/Karena, kamu, wanita, kuat”.

Artwork single 'Kuat'. (Foto: istimewa)
Artwork single 'Kuat'. (Foto: istimewa)

Sama seperti single sebelumnya Lagu Untukmu. Pada single terbaru ini, Thavita kembali menunjuk Mohammad Kamga untuk melengkapi lirik di Kuat ini, dan menunjuk seorang produser yang tidak asing membantu beberapa musisik Tanah Air yaitu Kenny Gabriel. Sementara untuk mixing dan mastering dipercayakan kepada Dimas Pradipta.

“Kuat bukan cuma lagu, tapi sebuah pesan. Apapun peran kita di dunia, lewat apapun caranya, semoga kita bisa terus jadi kuat, dalam versi kita sendiri tentu saja. Aku ingin kita bisa bangga dengan peran kita, perempuan, dan saling menguatkan perempuan lain di luar sana. Semua mulai dari kita. Mulai percaya bahwa kita bisa,” tutupnya. (far)

Baca juga:

Kolaborasi Ciamik Rayi Putra dan Laze di Single ‘Lagi?’

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan