Thai Baked Salmon: Menu Makan Malam Praktis ala Thailand

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 16 Mei 2017
Thai Baked Salmon: Menu Makan Malam Praktis ala Thailand
Thai Baked Salmon, resep praktis ala Thailand. (Foto: pixabay.com)

Pulang kerja, malas mampir ke resto untuk makan malam. Gampang, selalu siapkan stok bahan makanan untuk seminggu di kulkas Anda. Simpan pula persediaan bumbu instan. Dengan begitu, Anda dapat masak dengan mudah dan cepat.

Salah satu resep praktis yang bisa Sahabat MerahPutih praktikkan di rumah adalah Thai Baked Salmon. Praktis karena Anda hanya membutuhkan fillet salmon, Thai sweet chili sauce dan daun bawang untuk membuatnya. Bahan lainnya, manfaatkan persediaan garam dan cooking spray atau minyak sayur yang ada di dapur.

Agar saus meresap hingga ke bagian dalam ikan, rendam ikan dengan saus pada malam sebelumnya. Jadi, Anda dapat tinggal memanggangnya pada keesokan hari.

Bahan:
6 fillet salmon, dengan kulit atau tanpa kulit
1/2 mangkuk dan 2 sdm Thai sweet chili sauce, bagi dua
2-3 sdm daun bawang cincang
Garam secukupnya
Cooking spray

Cara:
1. Siapkan wadah pemanggang ukuran besar. Taruh fillet salmon di dalamnya.
2. Taburi setiap fillet dengan sejumput garam dan olesi bagian atas dengan 1 sdm Thai sweet chili sauce. Ratakan dengan jari agar bagian atas, bawah dan samping ikan tertutup rata dengan saus. Tutup wadah, lalu taruh di freezer selama 2 jam atau semalaman.
3. Nyalakan oven pada temperatur tinggi. Alasi loyang pemanggang dengan kertas roti. Semprotkan cooking spray, taruh fillet salmon. Tutup fillet salmon dengan bumbu rendaman jika masih ada sisa.
4. Panggang ikan selama 8 menit, lalu balik. Keluarkan ikan dari oven, olesi setiap sisi dengan 2 sdt Thai sweet chili sauce. Masukkan kembali ke oven dan panggang selama 5 menit sampai.
5. Sajikan hangat dengan daun bawang dan saus, jika suka.

Tips:
1. Cooking spray bisa diganti dengan minyak sayur. Namun, jika ingin mengurangi konsumsi lemak, cooking spray lebih tepat.
2. Thai sweet chili dapat dibeli di supermarket seperti Farmers Market dan Food Hall.

Cari menu ala Thailand lain pada artikel Resep Som Tum Ala Chef Robby Motota.

#Resep Praktis #Thai Baked Salmon #Resep
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan