TGB Disebut Sosok Ideal Dongkrak Elektabilitas Jokowi Presiden Jokowi dan TGB berswafoto di Pantai Mandalika, Lombok (Foto: humaspemprovlombok.go.id)

MerahPutih.Com - Nama Tuan Guru Bajang (TGB) santer dikaitkan dengan figur cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Meski belum ada deklarasi atau dukungan resmi kepada Gubernur NTB tersebut, namun pengamat dari Lembaga Pengkajian ahy.id Institute Destika Cahyana menilai TGB potensial mendongkrak elektabilitas Jokowi.

"Prospek TGB untuk menjadi cawapres akan mendongkrak elektabilitas Jokowi karena beberapa representasi," kata Destika Cahyana di Jakarta.

Ia menilai TGB merupakan representasi yang sesuai sebagai sosok pemimpin muda di samping mencerminkan ulama muslim yang cerdas.

Hal lain yang menjadi sisi positif dari citranya adalah ia merepresentasikan wilayah timur Indonesia atau luar Jawa.

Jokowi dan TGB
Presiden Jokowi bersama TGB Zainul Majdi di Mataram beberapa waktu lalu (Foto: ANTARA FOTO)

"Keuntungan selain elektabilitas adalah TGB dapat mengakselerasi pembangunan wilayah Indonesia timur," kata Destika Cahyana sebagaimana dilansir Antara.

Sayangnya, ada beberapa faktor pemberat yang menjadikan kendala baginya untuk bisa menjadi pendamping Jokowi dalam Pilpres 2019.

"Ada yang harus dipertimbangkan yakni isu penyidikan KPK dan persoalan pribadi terkait rumah tangganya," katanya.

Kedua hal itu, kata Destika, bisa menjadi alat atau serangan bagi lawan politiknya.

Pihaknya menilai dalam Pilpres 2019, Jokowi memang harus mencari sosok yang paling tepat untuk merespons dinamika masyarakat khususnya untuk meredam isu negatif terkait SARA.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat: Bisikan dari Partai Politik akan Tentukan Figur Cawapres Jokowi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH