Tethering Gagal? Coba Trik ini Gunakan wireless adapter saat laptop tidak dapat menangkap sinyal Wi-Fi Hotspot. (Foto: Pixabay)

Mudik Lebaran, tapi tak bisa benar-benar meninggalkan tugas kantor? Sebelum berangkat, pastikan semua perangkat kerja yang dibutuhkan saat di kampung halaman dapat digunakan dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan semua tugas kantor dengan lancar.

Barang pertama yang wajib dicek ialah laptop. Jika terbiasa bekerja di kantor menggunakan laptop dan Wi-Fi, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengecek sistem operasi. Jika menggunakan Windows, Anda cenderung aman karena hampir semua USB modem mendukung Windows.

Problem biasanya terjadi bila Anda menggunakan sistem operasi yang bersifat terbuka alias gratisan. Tidak semua USB modem mendukung sistem operasi ini. Ketika hal itu terjadi, Anda sebaiknya memanfaatkan smartphone sebagai pengganti USB modem, lalu aktifkan fitur Tethering.

Fitur ini dapat diakses dari menu Setting. Lalu pilih More. Setelah itu, Anda akan melihat menu Tethering. Kemudian pilih Portable Wi-Fi Hotspot. Ketika menu Tethering sudah aktif, cari koneksi hotspot di laptop. Tidak berhasil? Jangan putus asa dulu.

Siapkan wireless adapter. Perangkat berbentuk persegi panjang, mirip seperti USB modem, ini berguna sebagai penguat sinyal. Untuk membedakan wireless adapter dengan USB modem, Anda dapat mengecek kehadiran antena di sampingnya. Biasanya, wireless adapter dibekali dengan sebuah antena di sisi kanan.

Wireless adapter ini mudah digunakan. Anda tinggal mencolokkannya ke slot USB yang ada di laptop. Setelah itu, aktifkan fungsi Tethering di ponsel. Selesai. Mudah, kan? Jadi, tak ada cerita Anda tak bisa menyelesaikan pekerjaan kantor selama mudik karena ada trik ini.

Baca juga artikel Wisata Libur Lebaran.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE