Teknologi
Tetesan Air Dirancang Jadi Teknologi Baru di Masa Depan Tetesan air yang dirancang menjadi teknologi baru (Foto Youtube/MIT Media Lab)

PARA peneliti dari MIT sedang mengembangkan teknologi yang mengubah tetesan air menjadi alat interaktif yang dapat diprogram untuk hiburan dan komunikasi.

Teknologi baru yang dirancang ini memungkinkan pengguna memprogram tetesan air secara digital yang diambil dari lingkungan kita sehari-hari misalnya air mata, embun di jendela, tetesan air hujan dan lain sebagainya kemudian memanipulasinya melalui komputer.

Baca Juga:

Kenali Sejumlah Penyebab Krisis Air Global

Proyek ini dipimpin oleh peneliti Udayan Umapathi dan profesor Hiroshi Ishii dari Universitas Media Group Tangible. Mereka berharap teknologi baru ini akan menunjukkan potensi air sebagai media interaktif untuk kreativitas, seni, hiburan dan komunikasi, untuk bisa lebih menghubungkan orang dengan lingkungan fisik mereka.

Sistem ini menggunakan teknik electrowetting, yang melibatkan penerapan tegangan ke tetesan air untuk membuatnya berubah bentuk. Menurut Umapathi, teknik ini dapat ditelusuri kembali dari eksperimen yang dilakukan pada abad ke-19. Mereka menggunakan kembali mekanisme fisik klasik untuk mengendalikan perilaku air.

Pada tingkat dasar, sistem ini terdiri dari papan sirkuit cetak yang telah dilapisi dengan bahan bergesekan rendah dan ditutupi dengan grid kabel tembaga. Secara terprogram air akan dikendalikan oleh medan listrik dan kita dapat mengubah bentuk tetesan cairan dan memindahkannya di sekitar permukaan. Kontrol yang tepat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan hal seperti menerjemahkan, mengubah, menggabungkan, dan membelah beberapa tetesan air secara bersamaan.

Salah satu penggunaan potensial untuk tetesan yang dapat diprogram ini adalah untuk melukis. Tim peneliti mengintegrasikan perangkat ke dalam palet warna fisik untuk secara otomatis membuat dan mencampur warna bersama-sama.

Baca Juga:

Kenapa Sebagian Negara Masih Krisis Air Bersih?

air
Tetesan air ini bisa dijadikan konsol game (Foto: Youtube/MIT Media Lab)

Para pengguna juga dapat mengambil gambar objek menggunakan ponsel mereka, dan mengekstrak warna tertentu dari gambar yang ingin mereka lukis. Program ini kemudian mendaftarkan tiga warna CMY yang perlu dikombinasikan untuk menciptakan warna yang diinginkan dan secara otomatis mencampurnya bersama-sama dengan menggerakan tetesan untuk bergerak dan bergabung menjadi warna lain.

Teknologi ini juga dapat digunakan sebagai konsol gim yang dapat membantu mengembangkan keakraban pemahaman seseorang tentang dunia fisik dengan menggunakan gravitasi untuk mengarahkan air. Tetesan utama atau karakter dikemudikan oleh pengguna yang memiringkan papan, dan gerakan lawan dikendalikan oleh komputer.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat karakter utama menelan yang lain. Sistem akan merasakan dorongan ketika tetesan yang dikendalikan semakin dekat dengan tetesan lainnya atau lawannya sehingga secara otomatis tetesan karakter lain akan bergerak menjauh.

Penggunaan potensial lainnya yang saat ini masih merupakan ide konseptual adalah tetesan terprogram yang digunakan sebagai media komunikatif. Tetesan akan diprogram secara digital untuk secara fisik membuat pesan yang ditulis pada smartphone muncul pada permukaan, seperti cermin yang berembun dengan mengatur bentuk dan gerakan tetesan dalam kondensasi. Di masa depan, air akan menjadi platform interaksi dalam kehidupan kita. (Tel)

Baca Juga:

Techa, Sungai dengan 76 juta ton Limbah Radioaktif

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pizza Heart Siap Bantu Kamu Ungkapkan Rasa Sayang
Fun
Pizza Heart Siap Bantu Kamu Ungkapkan Rasa Sayang

Pizza Heart akan hadir selama Februari.

Persaingan Ketat di Brio Slalom Challenge Seri 3
Hiburan & Gaya Hidup
Persaingan Ketat di Brio Slalom Challenge Seri 3

Diikuti para pembalap, komunitas pemilik Honda Brio, dan ditonton warga Semarang nan antusias.

Setelah Absen 10 Tahun, Indonesia Kembali Ikut Kompetisi Kuliner Bocuse d’Or
Fun
Makanan Perangsang Otak dan Pencegah Demensia
Fun
Makanan Perangsang Otak dan Pencegah Demensia

Diet MIND memiliki 10 kelompok makanan wajib.

'Street Fighter 6' Hadir dengan 'Open World'
Fun
'Street Fighter 6' Hadir dengan 'Open World'

Bisa bertualang di dunia terbuka maupun bermain di arcade.

Project Q, Game Battle Arena Terbaru Ubisoft
Fun
Project Q, Game Battle Arena Terbaru Ubisoft

Mirip seperti perspektif ketika kamu bermain Fortnite.

Akting Dakota Johnson di ‘The Lost Daughter’ Bisa Masuk Nominasi Oscar
Fun
Akting Dakota Johnson di ‘The Lost Daughter’ Bisa Masuk Nominasi Oscar

Akting Dakota Johnson di film ini sangat ciamik.

Egy Maulana Vikri 'Messi' dari Indonesia
Fun
Egy Maulana Vikri 'Messi' dari Indonesia

Egy menyukai sepakbola sejak kecil.

'Don't Breathe 2' Tampilkan Sisi Manusiawi The Blind Man
Fun
'Don't Breathe 2' Tampilkan Sisi Manusiawi The Blind Man

'Don't Breathe 2' sudah bisa disaksikan di bioskop Tanah Air.

Amanda Manopo Ajak Masyarakat Belajar Bahasa Asing
ShowBiz
Amanda Manopo Ajak Masyarakat Belajar Bahasa Asing

Menurut Amanda mengusai bahasa asing amat penting untuk menunjang karier.