Teten Ingin Bali Jadi Etalase Produk UMKM Seluruh Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 27 Juli 2020
Teten Ingin Bali Jadi Etalase Produk UMKM Seluruh Indonesia
Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Pendirian pusat produk UMKM Indonesia di Bali dijanjikan dipercepat, guna mendorong produk dari sektor ini merambah pasar global lebih maksimal.

Pusat UMKM atau trading house UMKM di Pulau Dewata, tidak hanya menyajikan untuk produk dari Bali saja tetapi juga seluruh Indonesia. Adanya pusat UMKM di Bali memudahkan pembeli atau pelaku usaha dari luar negeri bertransaksi karena Pulau Dewata menjadi daerah tujuan wisata dunia.

“Kami ingin jadikan Bali sebagai jendela untuk pasar produk UMKM ke banyak negara,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Baca Juga:

Teknologi Berkembang, Milenial Bisa Lirik Bisnis Pertanian

Ia menegaskan, saat ini turis Eropa mencari produk UMKM di Bali dan mereka tempat produksinya lalu membuat deal bisnis. Salah satunya contoh produk UMKM adalah Javara yang dinilai memiliki merek kuat dan banyak ditemukan pelaku bisnis global di Bali. Produk dengan rempah-rempah dan hasil pertanian lokal itu berkembang lebih dari 200 produk dan sudah merambah pasar Eropa salah satunya di Swiss.

Teten Masduki
Teten Masduki. (Foto: Kementerian UMKM).

Pusat UMKM itu, diharapkan juga mendongkrak ekspor UMKM 14,5 persen dan tahun 2024 itu ditargetkan naik dua kali lipat. Selain itu, pendapatan asli daerah (PAD) Bali juga diharapkan meningkat dengan dibukanya pusat perdagangan UMKM itu.

“Ini pernah saya sampaikan informal ke gubernur (Bali), penting kita siapkan di Bali trading house produk UMKM supaya nanti lebih memudahkan para pembeli di luar berhubungan dengan produk UMKM,” katanya dilansir kantor berita Antara.(*)

Baca Juga:

PKS Minta Perusahaan Telekomunikasi Beri Keringanan Internet Siswa

#UMKM #Wisata Bali #Teten Masduki
Bagikan
Bagikan