Tetap Sehat saat Lebaran, Atur Pola Makan dengan Cara Ini Tetap sehat dalam mengonsumsi makan saat Lebaran. (Foto: PurelyB)

TEPAT pada 24 Mei umat muslim di Indonesia merayakan Idul Fitri. Hari ini sekaligus menjadi penanda berakhirnya Ramadan. Sayangnya, suasana lebaran tahun ini terasa sangat berbeda dari sebelumnya karena pandemi virus Corona (COVID-19) yang mewajibkan kita untuk tidak mudik atau berkumpul di keramaian.

Baca juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh

Meski demikian, menjaga tubuh tetap sehat adalah sebuah keharusan. Jangan sampai kamu kalap menyantap berbagai makanan dan minuman lezat yang disajikan di hari istimewa ini.

Lama Sinjer, pakar diet di Prime Hospital Dubai, menyarankan kita untuk menghindari konsumsi makanan yang terlalu banyak variasi. Cukup makan satu atau dua hidangan utama dan hindari minuman ringan, jus, atau lebih baik air putih saja.

“Pada hari Idul Fitri, kamu dapat menikmati satu kali makan besar, mungkin seperti makan siang keluarga, tetapi makan secukupnya. Usahakan untuk tidak berlebihan,” kata Sinjer seperti dilansir dari laman Khaleej Times.

Tetap Sehat saat Lebaran, Atur Pola Makan dengan Cara Ini
Hindari makan makanan mengandung lemak tinggi. (Foto: India TV)

Untuk tetap sehat, hindari makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi agar tidak menganggu kondisi perut. Disarankan juga untuk tidak mengonsumsi makanan olahan dan memilih varietas makanan sehat untuk meningkatkan kemungkinan komorbiditas kesehatan.

Baca juga:

Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Ruba ElHourani, ahli gizi lainnya dari RAK Hospital, mengatakan bahwa umumnya orang-orang melakukan sejumlah kesalahan dalam mengatur pola makan saat lebaran.

“Kita perlu sangat waspada terhadap asupan kalori ketika kembali ke kebiasaan makan normal. Ingat, ketika berpuasa, tubuh telah mengurangi kemampuan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar dan kalori tinggi,” ucap ElHourani.

Tetap Sehat saat Lebaran, Atur Pola Makan dengan Cara Ini
Imbangi dengan sayuran dan buah-buahan. (Foto: Pixabay/silviarita)

Sebagai gantinya, imbangi makan dalam jumlah kecil namun lebih sering dikonsumsi. Kamu juga bisa beralih ke minuman herbal atau kopi tanpa kafein agar mencegah dehidrasi.

Guna menjaga berat badan, ElHourani menyarankan agar mengonsumsi makanan secara bertahap. Misalnya, menambah camilan atau makanan kecil di awal dan menyesuaikan menjadi tiga makanan utama pada akhirnya.

Boleh saja makan makanan dengan jumlah banyak, namun tetap diimbangi dengan buah segar dan banyak makan sayuran.

Terakhir, cobalah menggunakan metode memasak sehat dan mengganti gula sederhana dengan gula kompleks. Dengan begitu akan membakar tubuh untuk waktu yang lebih lama tanpa memengaruhi gula darah dan kalori yang dikonsumsi. (and)

Baca juga:

Tips Mengelola THR saat Pandemi COVID-19



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH