Tetap Sehat di Lingkungan Kerja 'Beracun' Sehat di lingkungan beracun (Sumber: Freepik)

BANYAK orang yang bertahan di pekerjaan yang mereka benci. Sebagian di antaranya harus menghadapi keadaan yang jauh lebih buruk; lingkungan kerja yang toxic alias 'beracun'. Mulai dari bos yang menyebalkan, rekan kerja yang tukang gosip, hingga aturan pekerjaan yang mencekik.

Jika sudah demikian, pilihan keluar dari pekerjaan seringkali dianggap sebagai solusi. Namun, apakah berhenti bekerja adalah jawaban tepat? Berikut cara tetap sehat di lingkungan kerja 'beracun':

Baca juga:

Tips Ampuh Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor

1.Jangan bawa pulang masalah di kantor ke rumah

Jangan bawa pulang masalah di kantor ke rumah
Jangan bicarakan pekerjaan di rumah (Sumber: Verywell Mind)

Kalau kamu sudah mendeteksi adanya toxic di kantormu, pastikan kamu tidak membawa energi negatif tersebut ke lingkungan rumahmu yang memiliki aura positif. Tetapkan aturan untuk diri sendiri bahwa kamu tidak akan membicarakan tentang pekerjaan saat berada di rumah.

2. Tetapkan Batasan

Tetapkan Batasan
Matikan ponsel saat di rumah (Sumber: Republic Wireless)


Belajar untuk mengatakan tidak. Tidak bekerja saat sedang libur, tidak bekerja saat kamu berada di rumah, tidak menanggapi bos atau rekan kerja saat sedang menghabiskan waktu dengan orang tersayang, dan sebagainya. Batasan tidak hanya sehat untukmu tetapi juga untuk orang-orang yang bekerja bersamamu.

Baca juga:

Tetap Segar ke Kantor, Berikut Tips Atasi Bibir Kering saat Berpuasa

3. Ciptakan Ruang Kerja Yang Positif

Ciptakan Ruang Kerja Yang Positif
Aktifkan kalimat positif di desktop (Sumber: One o It)


Suasana positif bisa dibangun dari ruangan kerjamu yang mungil. Gantung poster yang kamu sukai, tempel foto orang-orang yang kamu cintai di meja kerja, atau pasang quotes positif di latar desktopmu. Ingatkan dirimu bahwa pekerjaan bukanlah segalanya, bahwa kamu masih memiliki kehidupan bahagia di luar sana.

4. Selesaikan Kesalahpahaman Lewat Komunikasi

Selesaikan Kesalahpahaman Lewat Komunikasi
Komunikasikan setiap masalah dengan rekan kerja (Sumber: Business Analyst Training)

Ketika kamu melihat ada kesalahpahaman terjadi antara dirimu dan rekan kerja, diskusikan segera secara profesional. Jangan biarkan kesalahpahaman tersebut berubah menjadi masalah dan berkembang menhadi toksik. Komunikasi adalah kunci dari berbagai jenis hubungan termasuk hubungan dengan rekan kerja.

5. Jangan Terjebak di Drama

Jangan Terjebak di Drama
Jangan pakai drama di kantor (Sumber: Industrial Personnel)

Beberapa orang sepertinya tidak bisa lepas dari kehidupan sekolahnya. Untuk mengenang lika-liku pubertas tersebut, mereka mempertahankan drama dalam hidupnya. Itu bisa menjadi hal buruk jika ternyata salah satunya adalah rekan kerjamu. Saat kamu mendeteksi sisi dramanya, jaga jarak. Pastikan untuk tidak terjebak dalam drama yang diciptakan temanmu. (avia)

Baca juga:

Boleh Enggak Sih Mengkhayal Punya Kantor Seasyik Ini!

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH