Tetap Sehat dan Bersih saat Traveling, Perempuan Wajib Bawa Benda Ini Biar traveling nyaman, perempuan wajib bawa barang ini. (foto: pixabay/jeshootcom)

PEREMPUAN terkenal sebagai 'ratu' ribet ketika berkemas untuk traveling. Dari pakaian sampai kosmetik, semua ingin dibawa serta. Padahal nih, bawa banyak-banyak barang bikin kamu kewalahan juga loh.

Nah, ada baiknya kamu memilah barang yang akan dibawa traveling. Ada beberapa benda yang enggak boleh kamu tinggalkan. Pasalnya, benda-benda ini akan membantu menjaga kebersihan dan kesehatanmu selama traveling. Berikut barang-barang sanitasi dan kesehatan yang wajib dibawa saat traveling.

BACA JUGA: Destinasi Hype Liburan Akhir Tahun


1. Hand sanitizer

bawa hand sanitizer saat traveling
Saat traveling, tangan bisa jadi sarang kuman. (foto: pixabay/free-Photos)

Memperhatikan kebersihan diri sangat penting ketika sedang bepergian. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya ialah dengan membawa sebotol hand sanitizer di dalam tas kamu.

Pasalnya, kuman dan bakteri ada di mana-mana, mulai dari wastafel toilet sampai pegangan tangan di transportasi umum. Oleh karena itu, wajib hukumnya membawa hand sanitizer untuk membunuh kuman di tangan.


2. Tisu

bawa tissue saat traveling
Bawa selalu dua jenis tisu. (foto: pixabay/bru-no)

Tisu merupakan salah satu barang yang sering dilupakan saat bepergian. Padahal, barang ini sangat penting ketika kamu sedang traveling.

Siapkan tisu basah dan kering ya. Kedua benda itu akan jadi penyelamat saat kamu ke kamar mandi, mengelap tangan, atau membersihkan beragam hal lainnya.

Tisu basah berfungsi mengelap benda yang sangat kotor, sedangkan tisu kering digunakan saat setelah makan atau setelah dari toilet.


3. Botol minum

bawa botol minum saat traveling
Ketimbang bawa botol minumas kemasan sekali pakai, lebih hemat bawa botol minum isi ulang. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

Tetap terhidrasi menjadi kunci untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan dalam tubuh selama traveling.

Biar ramah lingkungan, bawalah botol minum kamu sendiri. Selain ramah lingkungan, membawa botol minum sendiri bisa menekan bujet lo. Setidaknya, kamu enggak perlu berkali-kali membeli air mineral dalam kemasan. Kamu bahkan bisa mengisi ulang botol minummu di hotel atau tempat makan yang kamu kunjungi.

4. Sunblock

bawa sunblock saat traveling
Sunblock wajib dibawa.(foto: pixabay.chezbeate)

Biar kulit enggak terbakar matahari, pakai sunblock dong. Yang lebih penting lagi, sunblock diperlukan untuk mencegah kanker kulit dan menghindari berbagai kemungkinan terkena gigitan nyamuk atau serangga yang menyebabkan penyakit.

Siapkan sunblock dengan SPF 50 khusus untuk wajah dan tubuh. Kemas sunblock dalam ransel kecil yang kamu bawa-bawa. Ingatlah untuk selalu mengoleskan sunblock secara merata setiap 2 jam ya.

5. Pantyliners dan pembalut

bawa pantyliners dan pembalut saat traveling
Pantyliners membantu menyerap kelembapan di vagina. (foto: womansworld)

Selain kebersihan tangan, daerah vagina jangan dilupakan lo. Selalu kemas pantyliners dan pembalut meskipun kamu tidak sedang menstruasi. Pantyliners akan membantu menyerap cairan vagina yang berlebihan.


6. Obat-obatan

bawa obat saat traveling
Obat wajib dibawa untuk berjaga-jaga. (foto: pixabay/hans)

Sebagai tindakan berjaga-jaga, bawalah obat-oabtan. Enggak perlu bawa terlalu banyak obat-obatan selama traveling, bawa saja secukupnya. Kamu bisa membawa obat pereda nyeri, obat alergi, obat mabuk perjalanan, suplemen dan vitamin, serta obat dari resep dokter jika memang Anda membutuhkannya.

Jika semua sudah terkemas, kamu pun siap traveling.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH