Tetap Produktif Selama #DiRumahAja, Yuk Belajar Jadi Programmer! Belajar programming bisa menjadi solusi finansial (PIxabay/Pexels)

KELAS online yang dibuat oleh beberapa developer saat masa #DiRumAhaja semakin banyak. Beragam tutorial online yang banyak dijumpai dan ramai diikuti adalah seputar trading, forex, saham, programming, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin menjadi programmer, bersiaplah menghabiskan waktu setidaknya lima tahun untuk jadi ahli di bidang tersebut. Namun, jika kamu hanya ingin mempelajari dasar-dasar yang akan memberi kamu pekerjaan tambahan di saat ini, kurang lebih kamu cukup meghabiskan waktu 100 jam latihan.

Baca juga:

Yuk Cari Uang Jajan Tambahan Sembari 'Work From Home'!

Untuk menjadi seorang programmer, hal terpenting adalah kamu harus memotivasi diri sendiri untuk tahu tujuanmu, karena hal ini bukan sesuatu yang mudah. Melansir laman Medium, semakin jelas gambaran tentang tujuanmu, semakin ingin kamu melakukannya, dan semakin jelas juga jalan kamu untuk mewujudkan sesuatu, seperti: mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, lebih bahagia, aman secara finansial, atau menemukan hobi baru.

Belajar untuk jadi programmer membutuhkan banyak waktu dan fokus yang tinggi. Masalahnya, banyak orang yang menjadikan waktu sebagai alasan untuk mulai mendalaminya, bagaimana hal ini bisa dilakukan?

Tetap Produktif Selama #DiRumahAja, Yuk Belajar Jadi Programmer!
Menjadi programmer membutuhkan banyak waktu luang untuk fokus (Pixabay/Pexels)

Tentu saja kamu dapat memulainya sembari #DiRumahAja. Dampak semakin menyebarnya virus Corona, membuat sebagian besar orang di dunia terpaksa harus melakukan physical distancing dan work from home hingga kondisi kembali normal.

Baca juga:

Keuntungan #DiRumahAja Sembari 'Work From Home'

Waktu senggang ini yang dapat kamu lakukan untuk mencoba melakukan kelas online seputar programming. Melansir laman Medium, penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang memiliki pikiran paling tajam sesaat setelah bangun tidur. Jika kamu tidak yakin kapan waktu yang tepat untuk memulai, disarankan mulai di pagi hari, sebelum ada orang di sekitar kamu yang bangun.

Karena kebiasaan baru membutuhkan waktu untuk terbentuk. Cobalah secara konsisten setidaknya selama dua minggu, lihat apakah ada peningkatan dari hal baru yang kamu lakukan. Kuncinya adalah menemukan waktu tanpa gangguan. Melansir laman WikiHow, berikut beberapa tips untuk menjadi programmer pemula.

Pertama, ikuti kursus pengantar di salah satu (atau semuanya) dari bahasan seputar logika, matematika diskrit, dan bahasa pemrograman. Berikutnya, pelajari konsep basis data seperti tabel, tampilan atau kueri, dan prosedur. Kamu dapat menggunakan paket database sederhana untuk melakukan ini, seperti MS Access, DB V, Fox Pro, Paradoks, atau MySQL.

Kemudian, tentukan jenis programmer apa yang diinginkan. Programmer umumnya termasuk dalam salah satu kategori programmer web, pemrogram aplikasi desktop, pemrograman yang berorientasi sistem operasi (OS), pemrogram platform-independen (start-up), pemrogram aplikasi distribusi, sampai pemrogram sistem. Terakhir, pelajari teknologi dan bahasa pemrograman yang terkait dengan bidang pilihan. (Nic)

Baca juga:

Rekomendasi Film Horor Terbaik Netflix, Dijamin Makin Betah #DiRumahAja



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH