Tetap Perhatikan 5 Etiket Berbelanja ini Selama Pandemi COVID-19

annehsannehs - Selasa, 16 Februari 2021
Tetap Perhatikan 5 Etiket Berbelanja ini Selama Pandemi COVID-19
Jangan gunakan uang tunai. (Foto- pixabay/photomix-company)

SEMUA kegiatan menjadi tak sama setelah COVID-19 menyerang. Bahkan, berbelanja ke supermarket pun bisa menjadi kegiatan yang mengancam nyawa. Maka dari itu, segala protokol kesehatan harus benar-benar dipatuhi untuk mencegah transmisi coronavirus yang sudah semakin kuat dan banyak variannya.

Dilansir dari Bustle, berikut merupakan beberapa COVID-tiqutte alias etiket di tengah pandemi COVID-19 ketika hendak berbelanja ke supermarket demi menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga:

'Hantaman' Pandemi COVID-19 Tak Menyurutkan Daya Beli Konsumen Indonesia

1. Sering-sering cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer

Siapkan beberapa botol hand sanitizer untuk dibawa kemana-mana. (Foto Bustle)
Siapkan beberapa botol hand sanitizer untuk dibawa kemana-mana. (Foto: Bustle)

Serupa dengan imbauan selama satu tahun belakangan, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Jika biasanya tanganmu tidak pernah lepas dari ponsel, coba kini tambahkan sebotol hand sanitizer yang tidak boleh lepas dari genggamanmu.

Hand sanitizer merupakan produk yang praktis dan cukup terjangkau, maka dari itu selalu siapkan beberapa botol hand sanitizer untuk diletakkan di dalam kendaraaan, tas, kantong celana, rumah, maupun kamar tidur untuk berjaga-jaga.

2. Kantong belanja

Selalu siapkan kantong belanja. (Foto Unsplash/itfeelslikefilm).jpeg
Selalu siapkan kantong belanja. (Foto Unsplash/itfeelslikefilm).jpeg

Membawa kantong belanja sendiri merupakan tindakan yang efisien. Kamu bisa menghemat penggunaan plastik yang bisa mencemari lingkungan, lebih mudah membawa belanjaan karena bisa menyesuaikan ukuran kantong dari rumah, dan pastinya kamu tidak harus menyentuh-nyentuh barang baru yang berpotensi menularkan virus.

Pastikan untuk menyiapkan beberapa kantong belanja di kendaraanmu.

Baca juga:

Tokopedia, Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

3. Jangan melepas masker

Jangan lepas masker sekalipun. . (Foto: health)
Jangan lepas masker sekalipun. . (Foto: health)

Tidak perduli seberapa pengap ketika kamu harus terus-terusan menggunakan masker, selalu ingat untuk tetap menggunakannya. Anggaplah dirimu sendiri sebagai pahlawan yang diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

4. Jangan berdiri terlalu dekat dengan orang lain

Memang, ketika berbelanja kita sering terlalu fokus memperhatikan barang-barang yang ingin kita beli. Tanpa sadar, seringkali ada orang lain di lorong yang sama dan akhirnya kita berdiri terlalu dekat dengan mereka.

Ketika berbelanja di tengah pandemi, usahakan untuk lebih peka terhadap sekitar dan selalu menjaga jarak. Jika kamu bertemu dengan orang yang kamu kenal, usahakan untuk tetap menjaga jarak ketika saling menyapa dan jangan bersentuhan.

5. Hindari uang tunai

Jangan gunakan uang tunai. (Foto- pixabay/photomix-company)
Jangan gunakan uang tunai. (Foto- pixabay/photomix-company)

Uang tunai bisa menjadi benda yang rawan virus dan bakteri karena disentuh oleh banyak orang. Maka dari itu, gunakan cara aman untuk menggunakan pembayaran online seperti OVO, DANA, atau ShopeePay. Kamu juga bisa menggunakan kartu debit atau kredit dan rajin-rajin membersihkannya dengan disinfektan setelah menggunakannya. (shn)

Baca juga:

Ini Tips dan Cara Mengakali Mahalnya Ongkos Kirim Belanja Online

#Fashion #Belanja #Belanja Online #COVID-19 #Virus Corona #Kesehatan #Protokol Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan