Kuliner
Makan Mi Instan tanpa Bumbu, Berani Dong Lezat dan tetap sehat. (Foto: Cilantro and Citronella)

APA bisa makan mi instan tanpa bumbunya? Apa rasanya? Apa enak? Aneh deh. Hal-hal seperti itu pasti muncul di benak kamu penikmat mi instan. Tidak bisa dimungkiri, kelezatan mi instan memang terletak dari kombinasi bumbunya, baik yang berkuah maupun goreng. Namun, tahukah kamu, menikmati kelezatan mi instan tanpa harus menggunakan bumbu bawaannya ternyata bisa banget.

Kandungan MSG yang ada dibumbu mi instan ternyata memberikan efek buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition tentang MSG, masyarakat luas tetap harus waspada terhadap efek samping kesehatan yang terjadi akibat makan MSG.

Baca juga:

5 Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Kurangi Makan Mi Instan

Jadi ya, makan mi instan tanpa bumbunya sih sebenarnya berani aja. Biar rasa mi instan kamu tetap mantap, ya cobain tips ini deh.

1. Kombinasi bumbu dapur

Tetap Lezat Makan Mi Instan Tanpa Micin, Kenapa Enggak?
Kamu juga bisa menggunakan racikan bumbur dapur sendiri. (Foto: Unsplash/Artem Beliaikin)

Racikan bumbu yang bisa kamu coba adalah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Ketika membeli mi instan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyingkirkan bumbu bawaannya. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan campuran bawang putih, bawang merah, garam, kaldu jamur, dan lada.

Nah supaya lebih sehat, kamu bisa tambahkan protein seperti telur, daging, dan jamur. Jangan lupa tambahkan sayuran agar piringmu tampak lebih berwarna. Daging akan lebih terasa jika kamu menumisnya dengan cepat menggunakan garam dan kecap sebelum kamu tambahkan ke mie instan.

2. Mi Instan Burger

Buat kamu yang suka makan burger dan mi instan, resep ini mungkin bisa kamu coba di rumah. Kamu perlu menyiapkan cetakan bulat agar hasil akhirnya nanti sama dengan roti burger. Isiannya juga bisa menggunakan daging sapi dan sayuran sesukamu. Bisa juga dengan menambahkan keju atau telur setengah matang agar rasa burger kamu meleleh di dalam mulut.

Kelezatan roti, mi, keju, sayuran, dan daging bisa kamu rasakan hanya dalam satu gigitan. Lezat, bukan?

3. Kuah kaldu ayam

Tetap Lezat Makan Mi Instan Tanpa Micin, Kenapa Enggak?
Kaldu ayam juga lezat untuk dijadikan kuah. (Foto: GoodtoKnow)

Untuk menikmati kehangatan kuah mi instan, enggak harus pakai bumbu bawaan kok. Kamu bisa menggunakan kaldu ayam buatanmu yang pastinya jauh lebih sehat. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan, seperti bawang merah, lada, wortel, kol, telur, seledri, dan mi instan itu sendiri.

Langkah pertama cuci bersih semua sayur dan potong. Kemudian, rebus air hingga mendidih dan tuang wortel. Tunggu sampai setengah matang. Setelah itu, masukkan mi, bawang merah, seledri, dan telor.

Tunggu sampai mi setengah matang, kemudian masukkan kol ke dalamnya dan tunggu beberapa menit. Jika sudah matang, angkat mi dan masukkkan ke dalam mangkok. Terakhir, aduk kuah hingga rata dan tambahkan sedikit lada bubuk. Mi sudah siap kamu santap.

Baca juga:

Atasi Ketagihan Mi Instan dengan 5 Trik Jitu ini

4. Mi Carbonara

Tetap Lezat Makan Mi Instan Tanpa Micin, Kenapa Enggak?
Bahan-bahan untuk membuat mi carbonara sangat mudah didapatkan. (Foto: Bruna Branco)

Kalau resep yang satu ini buat kamu yang mau ala-ala restoran mewah. Daripada jauh-jauh pergi ke restoran, kenapa enggak bikin di rumah aja?

Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan. Siapkan potongan ayan fillet, satu siung bawang putih (cincang), satu siung bawang merah (cincang), susu, garam, merica, keju (jika diperlukan) dan mi instan.

Caranya cukup mudah. Pertama, kamu harus rebus mi terlebih dahulu kemudian sishkan. Rebus ayam dengan air yang tidak terlalu banyak kemudian tambahkan garam dan merica. Jika ayam sudah matang dan air tinggal sedikit, masukkan susu. Kemudian, masukkan mi yang sudah direbus ke dalam gabungan ayam dan susu tadi.

Supaya lebih sehat, jangan lupa tambahkan sayuran kesukaanmu. Jika sudah, sajikan di atas piring dan kamu bisa menambahkan sedikit bubuk cabai atau parutan keju. Selamat mencoba. (and)

Baca juga:

Penderita Diabetes Boleh Makan Mi Instan, Tapi…

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sempat Ditunda, Video Klip ’Monster’ Irene dan Seulgi Red Velvet Akhirnya Rilis
ShowBiz
Sempat Ditunda, Video Klip ’Monster’ Irene dan Seulgi Red Velvet Akhirnya Rilis

Debut Monster merupakan lagu yang sudah lama dinantikan para Reveluv dan merupakan album mini perdana.

Bong Joon-ho Jadi Presiden Juri Festival Film Venesia 2021
ShowBiz
Bong Joon-ho Jadi Presiden Juri Festival Film Venesia 2021

Menjadikannya orang Korea Selatan pertama yang bertugas sebagai presiden.

Pengguna Aplikasi Telegram dan Signal Meningkat
Fun
Pengguna Aplikasi Telegram dan Signal Meningkat

Peningkatan ini terjadi secara tiba-tiba.

Dukung Kreator Kulit Hitam, Halsey Luncurkan Black Creators Fund
ShowBiz
Dukung Kreator Kulit Hitam, Halsey Luncurkan Black Creators Fund

Menyediakan dukungan finansial, sumber daya, dan platform untuk komunitas kulit hitam.

Terpaksa Naik Pesawat Selama Pandemi? Duduklah di Kursi Dekat Jendela
Fun
Terpaksa Naik Pesawat Selama Pandemi? Duduklah di Kursi Dekat Jendela

Duduk dekat jendela mengurangi potensi tertular virus.

Instagram Menjadi Sumber Berita bagi Milenials dan Gen Z?
Fun
Instagram Menjadi Sumber Berita bagi Milenials dan Gen Z?

Tren media sosial sebagai outlet berita tidak mengejutkan.

Kolaborasi untuk Beasiswa Siswa dan Guru Indonesia
Fun
Kolaborasi untuk Beasiswa Siswa dan Guru Indonesia

Program kolaborasi untuk mengembangkan kualitas siswa dan guru di Indonesia.

Mini Album 'LOVER' Ungkap Perjalanan Cinta Mikha Angelo
ShowBiz
Mini Album 'LOVER' Ungkap Perjalanan Cinta Mikha Angelo

Masih bersama label terdahulunya, Wonderland Records, mini album LOVER rencananya akan rilis pada 26 Februari 2021.

Tak Ada lagi Alkohol di Pesawat
Travel
Tak Ada lagi Alkohol di Pesawat

Untuk mengurangi interaksi penumpang dan awak.