Tetap Bugar Menempuh Perjalanan Mudik dengan Cara Ini Mudik harus dalam kondisi bugar (Foto: Pexels/Kaique Rocha)

TIDAK terasa sebentar lagi hari lebaran tiba. Bagi kamu yang memiliki kampung halaman tentunya lebaran kamu jadikan kesempatan untuk pulang ke kampung halaman atau mudik.

Perjalanan yang ditempuh tentunya tidak dekat. Karenanya kamu harus memiliki persiapan. Terlebih, biasanya pilihan waktu mudik ialah beberapa hari sebelum hari lebaran. Artinya kamu pasti masih berpuasa.

Belum lagi kamu yang menggunakan kendaraan umum. Atau kamu yang kebagian nyetir kalau menggunakan kendaraan pribadi. Stamina lebih harus dipersiapkan.

Agar kondisi kamu tetap bugar selama perjalanan mudik, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Jangan tinggalkan sahur

(Foto: Pexels/Kaboompics)

Tidak mengapa sebanarnya orang sedang dalam perjalanan (musafir) tidak menjalankan puasa. Namun alangkah baiknya tetap menjalankan ibadah tersebut jika memang tidak ada halangan. Nah, jangan sampai tinggalkan sahur meskipun kamu sedang dalam perjalanan. Kamu harus mau mencari tempat makan di daerah kamu melintas. Lebih baik lagi kalau kamu sudah mempersiapkan makanan sahur dari rumah. Kalau mau tidak repot, mulai perjalanan setelah sahur atau tepatnya pada waktu subuh.

2. Konsumsi makanan bergizi

Meskipun dengan suasana bulan puasa, makanan bergizi tetap wajib kamu konsumsi. Jangan sembarangan menyantap makanan baik itu saat sahur atau berbuka. Kamu benar-benar membutuhkan energi ekstra saat mudik nanti. Walaupun kamu menjadi penumpang. Makanan sehat meliputi karbohidrat, protein, sayuran, serta buah-buahan. Jika memungkinkan, segelas susu sat sahur akan baik sebagai tambahan asupan gizi.

3. Jangan sampai dehidrasi

(Foto: Pexels/Pixabay)

Tentunya selama berpuasa kamu kekurangan asupan air putih. Padahal perjalanan kamu jauh dan waktunya cukup lama. Kamu tetap bisa mensiasati hal ini. Perbanyak minum air saat sahur. Usahakan minum hingga 4 gelas saat sahur. Caranya satu gelas saat bangun sahur, satu gelas sebelum makan sahur, dan satu gelas sesudah makan sahur. Satu gelas lagi saat menjelang adzan subuh. Kamu juga bisa menambah asupan cairan bagi tubuh dengan perbanyak konsumsi buah-buahan dan minuman mengandung elektrolit.

4. Melakukan peregangan

Seharian kamu duduk selama perjalanan. Tubuh pun menjadi tegang dan kaku. Jangan lupa melakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot. Lakukan peregangan saat kamu mampir ke tempat peristirahatan. Tidak perlu lama-lama, lima menit sudah cukup. Selain membuat tubuh kamu kaku, terlalu lama duduk akan membuat tubuh kamu nyeri.

5. Tidur yang cukup

(Foto: Pexels/Pixabay)

Katakan tidak untuk bergadang. Jangan sekali-kali berpikir untuk bergadang kalau di keesokan hari kamu akan melakukan perjalanan jauh. Terutama bagi kamu yang mengemudi. Selain itu, kamu yang menggunakan kendaraan umum cukup beruntung. Kamu bisa memanfaatkan waktu selama perjalanan untuk tidur. Tapi perhatikan juga posisi tidur kamu agar terhindar dari keseleo dengan menggunakan bantal leher. Intinya, tidur 6-8 jam di malam hari sebelum kamu berangkat mudik.

Jadi bagaimana sahabat Merah putih, sudah siap mudik? (ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Agar tak Mudah Lelah dan Mengantuk saat Mudik, Pantang Mengasup Makanan Ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH