Tesla Tarik Ribuan Kendaraannya Tesla model X (Foto: Ist)

SAAT ini mobil listrik memang sedang naik daun. Salah satu perusahaan yang memproduksi mobil listrik ialah Tesla. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memang memiliki spesialisasi di mobil listrik, komponen mesin dan perangkat pengisi ulang baterai. Penarikan ini mencangkup 14.193 kendaraan di Amerika dan 843 di Kanada.

Sayangnya, belum lama ini produk mobil dari Tesla bermasalah. Sedikitnya 15.000 Tesla Sport Utility Vehicle Model X ditarik dari peredaran (recall). Hal ini karena sebuah masalah yang bisa menyebabkan power steering tak berfungsi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Sistem bantuan pemutaran kemudi yang bermasalah ini menyebabkan kemudi menjadi berat untuk digerakkan. Hal ini diperkuat dengan statement Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) dan Transport Canada.

Baca juga:

Tesla Roadster, Melesat dari 0-100 Hanya dalam 1,9 Detik

Tsla menarik ribuan kendaraan Model X (Foto: Cnet)
Tsla menarik ribuan kendaraan Model X (Foto: Cnet)

Baut aluminium yang merekat pada roda kemudi tenaga listrik dapat korosi dan pecah. Akibatnya pengurangan atau hilangnya bantuan power steering sepenuhnya.

Tesla menjelaskan penarikan dilakukan pada kendaraan Model X yang diproduksi sebelum pertengahan Oktober 2016. Tapi penarikan ini tak terjadi pada kendaraan yang diproduksi setelahnya.

Kebijakan penarikan ini pernah dilakukan Tsla di bulan Maret 2018 untuk 123.000 kendaraan Model S di seluruh dunia yang diproduksi sebelum April 2016. Penarikan itu bertujuan untuk mengganti baut motor bantu kemudi.

Baca juga:

Cybertruck, Konsep Truk Futuristik Besutan Tesla

Tesla model X (Foto: EV Database)
Tesla model X (Foto: EV Database)

Seperti dilaporkan Reuters, Tesla akan mengatur penggantian baut tersebut dan mengganti roda kemudi jika diperlukan. "Kami mengamati korosi berlebihan pada baut yang menghubungkan komponen ini ke perangkat kemudi di kendaraan Model X yang terkena dampak," kata perwakilan Tesla.

Meski demikian hingga kini Tesla belum mendapat laporan mengenai kecelakaan atau cedera yang diketahui terkait dengan penarikan Model X. Pengguna juga bisa terus mengoperasikan SUV Model X miliknya sebelum masalah ini diatasi.

Tesla juga berencana menambahkan perlindungan pencegahan korosi di semua kendaraan Model X yang terkena dampak. Tujuannya mengatasi masalah sehingga aman dikendarai di daerah beriklim dingin.

Baca juga:

Gara-Gara Virus Corona, Pabrik Tesla di Tiongkok Ditutup


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani