Tes Jalur Sepeda Velodrome-Balai Kota, Anies Akui Banyak Butuh Perbaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan uji coba tes jalur sepeda dari Velodrome ke Balai Kota, Jumat (20/9). Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov DKI melakukan tes uji coba fase pertama jalur sepeda yang menghubungkan antara Velodrome, Jakarta Timur sampai Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Total jalur pesepeda tersebut sejauh 25 Kilometer. Namun, Anies dan rombongan hanya sejauh 16 kilometer. Karena masih banyak kekurangan yang ditemui di lapangan. Sehingga, membutuhkan beberapa perbaikan.

Baca Juga

Pemprov DKI Sediakan 17 Rute Jalur Sepeda di Jakarta

Perbaikan yang harus dilakukan seperti belum seluruh jalur sepeda ditandai dengan marka jalan. Area pembatas jalan semantara waktu juga masih menggunakan cone, belum dibuat secara permanen menggunakan double cap, yang bentuknya mirip MCB pembatas jalur busway.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov DKI melakukan tes uji coba fase pertama jalur sepeda yang menghubungkan antara Velodrome Jakarta Timur sampai Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Foto: MP/Asropih
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov DKI melakukan tes uji coba fase pertama jalur sepeda yang menghubungkan antara Velodrome Jakarta Timur sampai Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Foto: MP/Asropih

"Ada beberapa ruas antara Rawamangun dan Balai Kota yang belum diberi marka karena aspalnya akan diganti. Kita menunggu aspalnya diganti dulu dalam beberapa waktu ini," ucap Anies di Jakarta, Jumat (20/9).

Anies melanjutkan, pada fase pertama jalur sepeda sepanjang 25 Km itu diterapkan di jalur-jalur yang terkena kebijakan ganjil genap. Terkait perbaikan akan meliputi pemberian batas jalur. Sehingga tingkat keamanan pesepeda baik.

Baca Juga

Dishub DKI Pastikan Jalur Sepeda yang Diluncurkan Anies Aman

"Kalau kita perhatikan sesungguhnya dari Rawamangun ke Balaikota pakai sepeda itu lebih cepat daripada naik mobil. 16 kilometer itu pakai sepeda lebih cepat. Mungkin sekitar 45 menit kita sudah sampai tadi," jelas Anies.

Selain itu, masih ditemukan kendaraan roda dua yang menyerobot jalur sepeda. Terkait hal ini, Anies masih memaklumi. Sebab, hari ini baru pertama kali dilakukan uji coba.

Mengenai pemberlakuan sanksi, kata Anies, pihaknya masih dalam kajian. Pemprov DKI masih fokus untuk melakukan sosialiasi hingga 19 November mendatang.

Baca Juga

Kota-Kota Ini Cocok Dikunjungi untuk Kamu yang Suka Bersepeda

"Itu (sanksi) masih lama. Nanti kita sosialisasi dulu kemudian kita siapkan jalurnya. Kemudian dibiasakan, jangan buru-buru," tutup Anies. (Asp)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH