Teruskan Kebijakan Ahok, Anies Umrahkan 100 Marbot Masjid Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas 100 marbot di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/11). Foto: Facebook/Anies baswedan

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta memberangkatkan 100 orang marbot masjid di wilayah Jakarta untuk melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Pemberangkatan 100 marbot ini dalam rangka merealisasikan program marbot umrah tahap I tahun 2018. Kegiatan ini juga meneruskan kebijakan mantan gubernur Ahok yang juga memberangkatkan marbot masjid ke Arab Saudi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas 100 marbot di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/11). Foto: Facebook/Anies baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan selain menambah ilmu dan pengetahuan agama, para marbot ini diharapkan semakin meningkatkan keimanan dan lebih siap dalam memberikan pelayanan, baik pelayanan keagamaan maupun pelayanan ibadah kepada jemaah masjid.

"Teman-teman marbot akan berangkat ke Tanah Suci. Manfaatkan betul perjalanan ini untuk sepenuhnya ibadah," kata Anies saat melepas 100 marbot di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini berharap saat berada di rumah Allah SWT, jadikan kesempatan ini menjadi sarana untuk juga mempelajari mengenai pengelolaan masjid yang baik. Ia juga mengingatkan para marbot saling dukung dan memfasilitasi satu sama lain selama berada di sana.

"Nanti kalau ada kesempatan terutama saat di Makkah, Madinah, datang juga ke masjid sekitar sana. Lihat bagaimana cara masjidnya diatur. Masjid-masjid kecil lainnya bisa datangi juga, bisa lihat, ‘begini caranya mereka mengatur’. Ini (juga) menjadi kesempatan untuk kita meningkatkan pengelolaan masjid-masjid kita," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketua panitia pimpinan pilayah DMI DKI Jakarta, Ma’mun Al Ayyubi, memaparkan bahwa program marbot umrah tahap I tahun 2018 rencananya pada 11 November 2018 akan memberangkatkan sebanyak 100 orang marbot dan 5 pendamping dari seluruh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas 100 marbot di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/11). Foto: Facebook/Anies baswedan

Kemudian, menyusul Desember 2018, sebanyak 167 orang Marbot dengan pendamping lima orang. Para marbot masjid yang berkesempatan untuk berangkat umrah, proses penyeleksiannya dimulai dari tingkat kecamatan, antara lain seleksi administrasi.

"Para marbot masjid di seluruh wilayah Jakarta sejauh ini memperoleh insentif sebesar 1,2 juta rupiah per tahun dari Pemprov DKI Jakarta," kata Ma’mun. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH