Terungkap! Ini Alasan Mengapa Iron Man Jadi Film Pembuka MCU Iron Man menjadi film pertama MCU bukan tanpa alasan (Foto: The Action Elite)

HADIR sebagai film pertama yang membuka perjalanan Marvel Cinematic Universe (MCU) pada 2008, Iron Man telah masuk dalam daftar box office dengan keuntungan bersih lebih dari Rp7.46 triliun. Tentu hal tersebut membuat Tony Stark (Robert Downey Jr.) menjadi anak emas Marvel, dan pengorbanan Tony Stark di Avengers: Endgame menjadi penutup sempurna untuk MCU fase ketiga.

Baca juga:

Kece Abis! Doctor Strange Pakai Kostum Baru di Film Sekuelnya

Padahal, masih banyak superhero Avengers lainnya. Tetapi mengapa Iron Man yang dipilihb menjadi film pertamanya MCU? Seperti dilansir dari laman Screen Rant, Ben Fritz selaku sejarawan di dunia perfilman ternyata menjelaskan harusnya Captain America yang menjadi Avengers pertama di MCU. Dengan tajuk The First Avengers, Fritz berpikir film tersebut digarap lebih dulu, tetapi survey yang dilakukan oleh MCU lebih masuk akal untuknya.

Terungkap! Ini Alasan Mengapa Iron Man Jadi Film Pembuka MCU
Superhero Iron Man lebih diminati anak kecil pada masanya (Foto: CBR)

"Marvel ternyata memiliki diskusi terfokus (FGD) untuk memilih film apa yang akan digarap lebih dahulu, tetapi mereka tidak melihat dari alur cerita dan karakter yang telah ada di komik. Melainkan memanfaatkan anak kecil untuk survey, dengan menanyakan kepada mereka apa superhero yang mereka suka di Marvel, dan ternyata Iron Man lebih diminati pada saat itu. Maka dari itu Iron Man lah yang menjadi film pertama." ungkap Ben Fritz.

Baca juga:

Black Widow hingga Eternals, Cek Jadwal Terbaru Film-Film MCU Fase 4

Keputusan tersebut ternyata juga pernah tidak dapat restu oleh CEO Marvel, Ike Perlmutter. Ia lebih menyarankan untuk menggarap film X-Men terlebih dahulu, karena mainan superhero X-Men lebih diminati anak kecil sejak tahun 2000an.

Tetapi kesuksesan berkata lain, karena franchise film Iron Man membuat MCU menjadi studio dengan pendapatan tertinggi, bahkan mainan superhero Iron Man menjadi mainan yang laris manis di 2013. Semua berkat kesuksesan film Iron Man 3 di layar lebar pada saat itu.

Terungkap! Ini Alasan Mengapa Iron Man Jadi Film Pembuka MCU
Kesuksesan Captain Marvel membuat Ike Perlmutter turun pamor (Foto: Screen Rant)

Di lain kasus, Perlmutter juga pernah berpendapat bahwa mainan tak akan laku bila superhero adalah sosok perempuan. Tetapi dengan kesuksesan Captain Marvel, Perlmutter kehilangan pamornya dan menghentikan drama yang terjadi di 2015. Terlebih saat Marvel Studios mulai bekerja sama dengan Disney, MCU mulai banyak merilis dan melakukan rekonstruksi di fase keempat. Jadi tidak sabar bukan menunggu film MCU selanjutnya! (dnz)

Baca juga:

Anggota Avengers Ini Bakal Hadir Di Fase Keempat MCU



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH