Terungkap Alasan Situs Milik Pemerintah Rentan Dibobol Hacker

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 06 Desember 2023
Terungkap Alasan Situs Milik Pemerintah Rentan Dibobol Hacker
Roy Suryo. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

MerahPutih.com - Peristiwa pembobolan situs-situs pemerintah oleh peretas (hacker) kerap terjadi. Teranyar, situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diduga jadi target peretasan dan ratusan juta data pemilih dicuri.

Pakar telematika Roy Suryo mengungkapkan keprihatinannya terkait keamanan situs pemerintah Indonesia.

Menurutnya, mayoritas pertahanan situs pemerintah teridentifikasi sebagai lemah karena minimnya perhatian dari para ahli IT yang seharusnya fokus pada pemeliharaan keamanan.

Baca Juga:

Ganjar-Mahfud Jaring Aspirasi Pemilih Muda Lewat Situs

“Terus terang saja memang rata-rata situs pemerintah itu lemah-lemah, alasan karena tidak ada orang bisa benar-benar menangani,” kata Roy Suryo di Jakarta, Rabu (6/12).

Celakanya lagi, lanjut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu, IT masih dipandang sebagai level yang tidak tinggi di suatu kantor.

Bahkan di instansi vital pertahanan maupun pemerintahan terkait lainnya, jarang ada petinggi yang mau konsen di bidang itu, lantaran khawatir pangkatnya tak naik-naik.

“Bahkan sampai di kepolisian maupun pertahanan itu jarang ada perwira yang mau konsen di bidang itu karena nanti pangkatnya gak naik-naik,” tambahnya dengan nada serius.

Baca Juga:

Ada Riwayat Pencarian ke Situs Porno dalam Konten Medsos, TransJakarta Minta Maaf

Mantan politikus Demokrat ini menekankan bahwa saat ini kebutuhan mendesak akan perubahan mindset terhadap peran IT.

Jadi, harus membangun kesadaran bahwa IT itu bukan cuma "bermain-main" di kamar gelap, namun ini tentang keamanan negara dan data semua warga negara.

“Ini sudah sudah jadi kebiasaan di kantor, kalau orang yang biasa canggih di bidang teknologi biasanya dia mager (malas gerak) di situ,” ucapnya. (Knu)

Baca Juga:

Akun Instagram Disdukcapil Kota Tangerang Diretas

#Hacker #Peretasan #Roy Suryo
Bagikan
Bagikan