Teru Teru Bozu, Boneka Penangkal Hujan Ala Jepang Teru teru bozu, boneka penangkal hujan yang berasal dari Jepang. (Foto: Japan Daisuki)

MEMASUKI akhir September, wilayah Jakarta dan sekitarnya sudah mengalami musim penghujan. Di satu sisi, hujan memang merupakan sebuah berkah bagi manusia dan alam sekitarnya.

Namun kadang bete juga ya jika rintik hujan terus-menerus tak ada hentinya. Kalau dalam film animasi Jepang Weathering With You karya Makoto Shinkai, kita tinggal meminta Hina Amano memohon hujan untuk berhenti. Tapi sayangnya Hina hanyalah karakter belaka.

Baca juga:

Belajar Budaya Jepang Lewat Anime 'Rick and Morty'

Tapi jangan khawatir karena ternyata kamu juga bisa meminta cuaca cerah dengan bantuan boneka teru teru bozu lho. Apakah itu boneka penangkal hujan? Yuk simak infonya seperti dikutip dari laman Matcha JP.

Sejarah Teru Teru Bozu

Teru Teru Bozu, Boneka Penangkal Hujan Ala Jepang
Boneka ini biasanya digantung di atap atau jendela. (Foto: Matcha JP)

Teru teru bozu adalah sebuah boneka khas Jepang berwarna putih yang terbuat dari kertas maupun kain. Boneka ini digantung di bawah atap atau jendela untuk menangkal hujan.

Saat ini masyarakat Jepang memang lebih sering menggantungkan teru teru bozu di jendela. Namun, di zaman dahulu boneka itu digantungkan di pohon karena dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang dapat mengusir roh jahat bernama Nanten.

Banyak yang mengira teru teru bozu berasal dari Jepang. Padahal sebenarnya boneka peramal cuaca ini pertama kali muncul di Tiongkok lho. Selain itu, pada awalnya boneka kertas ini berbentuk gadis kecil yang membawa sapu.

Baru kemudian berubah bentuk menjadi bozu atau biksu Buddha ketika dibawa ke Jepang pada zaman Heian. Perubahan bentuk ini kabarnya terjadi karena para biksu di Jepang yang memang biasa melakukan ritual seputar cuaca.

Setelah permohonan terkabul dan cuaca menjadi cerah, masyarakat akan menggambar mata dan mulut teru teru bozu lalu menyiram sake di atas kepalanya. Setelahnya, teru teru bozu akan dilepas ke sungai.

Namun ada kalanya teru teru bozu tidak bisa membuat langit menjadi cerah. Jika boneka ini berhasil mengabulkan permohonan, maka kamu harus mengatakan arigatou sebagai ungkapan terima kasih.

Baca juga:

Mengapa Desain Grafis Ala Jepang Bisa Mendunia

Cara pembuatan Teru Teru Bozu

Teru Teru Bozu, Boneka Penangkal Hujan Ala Jepang
Teru teru bozu dapat dibuat hanya dengan tiga bahan sederhana. (Foto: Matcha JP)

Walaupun boneka ini berasal dari Jepang, tidak ada salahnya jika kamu ingin ikut membuatnya. Apalagi cara pembuatannya sangat mudah.

Bahan yang dibutuhkan hanya tiga, yaitu beberapa lembar tisu atau kain, tali untuk menggantung teru teru bozu, dan pulpen untuk menggambar wajahnya.

Pertama ambil tiga lembar tisu dan gulung hingga berbentuk bulat. Kemudian bungkus bulatan itu dengan lembaran tisu terakhir tapi jangan disatukan.

Setelahnya ikatkan tali pada bagian lehernya dan sisakan talinya agar nantinya bisa digantung di jendela. Terakhir, hias wajah teru teru bozu dengan pulpen.

Setelah selesai buat permohonan dan gantungkan boneka buatanmu itu di bawah atap atau di jendela. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba dan semoga teru teru bozu berhasil membuat harimu menjadi cerah ya. (sam)

Baca juga:

Jepang Putuskan Tato Bentuk Seni, bukan Tindakan Medis


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH