Tertawalah, Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Tertawa itu sehat.(Foto: maltacomics)

BANYAK ahli mengemukakan, tertawa merupakan salah satu yang terkenal paten untuk menyenbuhkan berbagai macam penyakit. Dengan banyaknya masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia, tak heran sekarang makin banyak orang yang mencari hiburan yang bisa membuat mereka tertawa dan menghilangkan stres pada gilirannya.

Banyak yang belum mengetahui, ternyata tertawa dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Enggak percaya? Cek nih beberapa manfaat baik tertawa bagi kesehatan.

Baca juga:

Sering Tertawa Bisa Memperpanjang Umur

Menjernihkan Pikiran

Tertawalah, Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Sulit terserang stres. (Foto: Unsplash/Fresh Connection)

Melalui tertawa diyakini akan sulit bagi seseorang untuk mengalami stres. Selain karena pengaruhi hormon, tawa juga bisa membuat pikiranmu jernih karena otak, pernapasan, otot, dan detak jantung bekerja beriringan dengan bahagia.

Pada 2016, sebuah studi yang dipublikasikan di FASEB Journal mengungkapkan jika tawa dapat membuat otakmu berpikir lebih cepat dan jernih. Makanya, jangan heran kalau sedang stres kamu akan kesulitan untuk berpikir.

Menurunkan Tekanan Darah

Tertawalah, Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Menurunkan tekanan darah. (Foto: Pexels/ELEVATE)

Para ahli setuju bahwa stres susah menyerang disaat kita tertawa. Para ahli meneliti apakah tawa bisa menurunkan tekanan darah atau tidak. Pada 2017, sebuah studi dari Journal of Dental and Medical Research, mengungkapan bahwa benar jika tawa dapat menurunkan tekanan darah.

Studi menguji 40 orang pasien menggunakan hemodialisis untuk mendengarkan sebuah acara komedi selama 16-30 menit dalam 8 minggu. Alhasil, tekanan darah mereka turun. Tawa distimulasikan lewat kontak mata dan latihan pernapasan. Hal ini adalah indikasi faktor penurunan tekanan darah.

Memperkuat Sistem Imun

Tertawalah, Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Sistem imun tubuh lebih kuat. (Foto: Unsplash/Felix Rostig)

Kamu tentu merasa bahagia tanpa beban saat tertawa. Hal ini ikut memicu sistem imun untuk lebih kuat lagi. Menurut ahli, pikiran negatif bisa menciptakan reaksi kimia yang mengakibatan tubuh lemah dan imunitas menurunkan.

Sementara, dengan pikiran positif dapat melepas neuropeptides yang membantu melawan stres dan mencegah penyakit.

Baca juga:

3 Trik Sederhana untuk Membuat Perempuan Tersenyum Kembali

Menjauhkan dari Gangguan Kecemasan dan Emosi Negatif

Tertawalah, Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Dapat tidur lebih nyenyak dan rasa cemas berkurang. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Sudah teruji pada pasien penderita parkinson. Studi melalui peneliti dari Islamic Azad University menunjukkan adanya perubahan pada penderita parkinson setelah diberikan terapi laughter yoga. Mereka menjadi lebih nyenyak tidur dan tidak sering mengalami kecemasan.

Hal ini terjadi karena tawa mengeluarkan hormon dopamin yang dapat membuat seseorang bahagia dan tidak merasa stres. Tubuh kita akan menahan hormon stres seperti kortisol saat tertawa. Oleh karena itu, seseorang akan merasa lebih bahagia saat tertawa.

Melenturkan Otot-Otot dan Memperbaiki Pernapasanmu

Tertawalah, Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Mental
Melatih otot-otot perut. (Foto: Pexels/nappy)

Selain hormon, tawa juga baik untuk melatih otot-ototmu bekerja, terutama otot pada perut. Hal ini bisa dilihat saat perut terasa sakit sewaktu tertawa terbahak-bahak. Hal ini karena otot perut ikut tertarik ketika tertawa dan ini baik untuk kekuatan tubuh.

Sementara itu, ketika kamu tertawa, otot-otot lainnya bisa sedikit rileks karena yang otot perut akan lebih fokus bekerja. Saat tertawa kamu akan lebih menghirup oksigen lebih banyak yang baik untuk mengatur pernapasanmu. (lgi)

Baca juga:

Ternyata Film Horror Bisa Mengundang Tawa, Tonton 5 Film Ini!

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH