Tersembunyi, 4 Pantai Cantik di Indonesia Pantang Dilewatkan Indonesia punya pantai indah yang masih tersembunyi. (foto: tripadvisor)

DENGAN bentuk geografis kepulauan, Indonesia punya garis pantai yang panjang. Pelancong lokal dan mancanegara berburu pantai-pantai indah di Indonesia. Tidak mengherankan jika kini banyak pantai yang dulunya sepi telah berubah menjadi pantai yang dipenuhi pelancong.

Meskipun demikian, Indonesia masih banyak menyimpan stok pantai indah. Mereka ada di tempat-tempat tersembunyi. Beberapa pantai punya akses yang sulit dijangkau dan posisinya terisolasi. Hal itu membuat pantai-pantai itu seakan tak terjamah oleh manusia. Akibatnya, pantai-pantai itu tetap lestari dan terlihat cantik selalu.

BACA JUGA: Jangan Ngaku Pendaki Andal Sebelum Taklukkan 3 Gunung di Indonesia Ini


1. Pantai Koka

pantai koka
Dikelilingi perbukitan hijau. (foto: thespicerouteend)

Pantai yang berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Sikka, NTT, ini masuk kategori pantai yang letaknya tersembunyi dengan pemandangan yang sangat indah. Nama unik pantai ini diambil dari nama jenis burung yang sering lalu-lalang di area pantai tersebut. Butuh keberuntungan agar kamu bisa menemukan burung Koka.

Karena letaknya, ketersediaan sarana dan prasarana di sini belum memadai. Meskipun demikian, siapa pun yang mampir ke Pantai Koka akan terhipnosis dengan warna biru unik air laut dan kelembutan pasir putihnya. Terdapat perbukitan hijau yang menawan di sekitar pantai.


2. Pantai Ngurtafur

pantai ngarfur
Mirip seperti ular putih. (foto: explorology)

Pantai indah ini tersembunyi di wilayah Pulau Warbal, Maluku Tenggara. Pulau Warbal terletak di selatan Pulau Kei Kecil. Sangat cocok bagi pelancong yang mau melepas stres dari keramaian kota besar. Daratan pasir putih yang dangkal, membuat kamu seperti bisa berjalan di atas permukaan air laut tanpa tenggelam.

Pasir yang menyembul dengan panjang 2 km itu akan terlihat saat air mulai surut. Pasir berwana putih yang timbul itu disebut Pulau Gosong. Mirip sekali dengan ular berwana putih. Aktivitas burung pelikan yang bermigrasi dari Australia menuju Maluku dapat kamu nikmati, itu pun jika kamu cukup beruntung.


3. Pantai Iboih

pantai iboih
Punya pemandangan matahari terbit yang spektakuler. (foto: sabang-tourism)

Pantai yang berada di Pulau Weh, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh, ini sebenarnya merupakan pelabuhan yang biasa digunakan masyarakat menuju Pulau Rubiah. Di sini kamu bisa menyelam atau snorkeling. Di sini tersedia tempat menyewa alat selam disertai instruktur jika kamu ingin menyelam. Selain itu, juga tersedia penyewaan perlengkapan snorkling dan dapat digunakan seharian.

Di Pantai Iboih terdapat restoran yang menghidangkan bermacam-macam menu hidangan makanan laut. Momen spektakuler matahari terbit bisa kamu nikmati di pantai ini.


4. Pantai Pulau Kenawa

pantai pulau kenawa
Fasilitas pun masih terbatas di pulau ini. (foto: travelingyuk)

Pulau Kenawa merupakan pulau tanpa penghuni di Sumbawa. Pulau ini memiliki luas sekitar 15 hektare. Kamu disarankan mempersiapkan bekal makan dan minum jika ingin mampir ke pantai indah ini. Pemandangan sabana yang sangat luas dengan hamparan rumput adalah keunikan dari pemandangan yang dimiliki pantai ini. Rumput akan berubah kekuningan di saat musim kering kemarau.

Fasilitas di pulau ini masih sangat terbatas. Keteresediaan air bersih dan listrik belum ada. Kamu perlu membawa perlengkapan pribadi jika kamu memutuskan akan melakukan aktivitas dalam air. (lgi)

Kredit : leonard


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH