Tersangkut Kasus Narkoba, AKBP Benny Alamsyah akan Dipecat Sebagai Anggota Polisi Ilustrasi. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Mantan Kapolsek Metro Kebayoran Baru, AKBP Benny Alamsyah dipecat dari Korps Bhayangkara usai menjalani proses hukum pelanggaran kode etik usai tertangkap nyabu.

Pasalnya, apa yang dilakukan Benny adalah tindak pidana. Benny telah menjalani proses hukum tindak pidana. Dia ditetapkan jadi tersangka dugaan penyalahgunaan narkoba dan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya sejak 21 Agustus 2019 lalu.

Baca Juga

Pesta Sabu Kapolsek Kebayoran Baru Bikin Malu Polri

"Komitmen dari Bapak Kapolda memang akan memecat yang bersangkutan karena memang tegas Bapak Kapolda itu," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (22/11)

Dia menjelaskan, seorang anggota polisi yang terbukti melanggar tindak pidana akan menjalani dua proses hukum. Pertama proses hukum pelanggaran tindak pidana, kedua kode etik. Dalam kasus ini setelah proses pidana terhadap Benny rampung, barulah dilanjut dengan proses etik dalam hal ini pemecatan.

 Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (MP/Rina Garmina)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (MP/Rina Garmina)

"Mekanismenya adalah nanti ditangani pidananya dulu, nanti baru dilakukan (proses hukum) kode etik karena dia anggota Polri. Kan anggota Polri ini kalau melakukan kesalahan, dua beban, pertama (diproses) pidana dulu. Kemudian, ada lagi (proses hukum) kode etik atau disiplin," kata dia.

Kasus ini sudah terjadi beberapa bulan lalu. Saat ruangan Benny digeledah, benar saja ditemukan barang haram tersebut di sana.

Baca Juga

Berikan Miras ke Mahasiswa Papua, Kapolsek Sukajadi Terancam Dihukum Berat

Benny sudah dijadikan tersangka dan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Polisi pun masih memburu adanya pelaku lain yang menyuplai narkoba untuk Benny dan kemungkinan dia menjadi pengedae.

Kenakalan Benny rupanya bukan yang pertama. Saat masih menjadi Kapolsek Pademangan tahun 2015 lalu, ia pernah berfoto bersama model panas, Vitalia Sesha. Ketika itu, Vita tersangkut kasus karena kasus narkoba. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH