Tersangka Makar Eks Kapolda Metro Sakit Jantung Saat Mau Diperiksa Mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Sofyan Jacob memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Foto: MP/Gomes

MerahPutih.com - Tersangka kasus makar mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob sudah mengeluh sakit jantung dan diabetes, sehingga penyidik batal mendalami keterlibatannya dalam perkara yang menjeratnya.

"Pak Sofyan menyatakan tak bersedia untuk diperiksa karena kondisi kesehatannya tak memungkinkan. Oleh karena tak bersedia karena kesehatan maka penyidik memanggil tim medik yang ada di polda. Tadi pak medis datang dokter umum mengukur denyut jantung dan nadi," kata Ahmad Yani, kuasa hukum Sofyan, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (17/6).

BACA JUGA: Biar Tak Dianggap Tebang Pilih, Polisi Didesak Segera Tahan Sofyan Jacob

Namun, kata Ahmad Yani, kliennya keberatan untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis Polda Metro Jaya. "Memang harus disediakan dokter khsusus," imbuh Kuasa Hukum.

Ahmad Yani
Ahmad Yani, kuasa hukum mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Sofyan Jacob. Foto: MP/Kanugrahan

"Kami minta juga dihadirkan juga dokter pribadi pak Sofyan yang bisa menerangkan medical record, medical record kan oleh dokternya, dokternya yang menyampaikan. Dan dokter tentunya punya kode etik dan terikat tak boleh berbohong dan sebagainya," imbuh mantan anggota DPR itu.

BACA JUGA: Kubu Sofyan Jacob Berdalih, Makar Itu ke Presiden Bukan Capres

Merujuk kondisi kliennya itu, Ahmad Yani meminta penyidik Polda Metro Jaya menunda pemeriksaan terhadap mantan jenderal polisi bintang tiga itu.

"Tadi pak Sofyan pusing langsung berbaring sehingga tak bisa dipaksakan. Jadi apapun pemeriksaan hari ini menurut saya tak bisa diperiksa, harus dihentikan;" tegas dia.

BACA JUGA: Diperiksa Polisi soal Kasus Makar, Komjen (Purn) Sofyan Jacob Kebingungan

"Nanti silakan pak Sofyan apakah mau dibawa diperiksa di RS Kramat Jati polisi atau di RS tempat pak Sofyan supaya memang bisa mencari titik temu. Karena prinsipmya orang sakit tidak boleh diperiksa," tutup mantan Politikus PPP itu. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH