SEA Games 2023

Terry Yudha Kusuma Ungkap Kunci Sukses Raih Medali Emas Balap Sepeda

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 11 Mei 2023
Terry Yudha Kusuma Ungkap Kunci Sukses Raih Medali Emas Balap Sepeda
Tim balap Sepeda Indonesia / PB ISSI

MerahPutih.com - Pundi-pundi medali emas kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja kembali datang dari cabang olahraga balap sepeda melalui Terry Yudha Kusuma.

Terry berhasil menjadi yang terbaik dalam perlombaan nomor Criterium Putra yang berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, Kamis (11/5) dengan mencatatkan waktu 1 jam 13,38 menit.

Baca Juga

Tiba di Tanah Air, Pelatih Pencak Silat Indonesia Luruskan Kontroversi di SEA Games 2023

Pembalap 24 tahun itu bersaing ketat dengan atlet asal Malaysia Nur Amirull Fakhruddin Mazuki dalam perlombaan 30 lap dengan masing-masing lap berjarak 1,84 km tersebut.

Tak ada selisih waktu antara keduanya. Namun, Terry berhasil memanfaatkan keunggulan di sprint dengan menyentuh garis finis pertama. Posisi ketiga ada pebalap sepeda Filipina Ronald Oranza dengan selisih satu detik.

Menurut Terry kemenangan kali ini tak lepas dari perjuangan semua anggota tim balap sepeda Indonesia yang saling mendukung satu sama lain. Termasuk dua pembalap yang turun bersama di nomor Criterium yakni Aiman Cahyadi dan Muhammad Andy Royan.

Selain itu juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Listyo Sigit Prabowo yang terus memberikan dukungan penuh untuk kemajuan balap sepeda. Menurutnya, kemenangan ini tak lepas dari kerja sama semua tim.

"Ini menjadi medali pertama saya di SEA Games. Hasil kerja keras saat berlatih. Saya berjuang bersama teman-teman lainnya, termasuk mas Aiman dan Royan yang mendukung penuh untuk saya," kata Terry.

Pembalap kelahiran 14 Maret 1999 itu juga menambahkan bahwa datang ke SEA Games 2023 dengan persiapan matang. Sebelumnya dia mengikuti sejumlah evant internasional. Meskipun bukan di nomor road melain untuk track.

"Saya mengukuti sejumlah balapan sebelumnya. Seperti di UCI Track Nations Cup 2023 di Kairo dan Milton. Balapan di track turut membantu saya dalam menambah power. Jadi hasil ini tak lepas dari perjuangan da kerja keras sebelumnya," katanya.

Baca Juga

Lalui Drama Panjang, Timnas Valorant Indonesia Juara Bersama dengan Singapura

Sementara itu, Pelatih Timnas Balap Sepeda Indoensia Dadang Heries Poernomo mengatakan tambahan ini meningkatkan motivasi tim balap sepeda yang menyisakan dua keping emas yang akan diperebutkan, esok hari.

"Kerja tim cukup bagus, semua intruksi dijalankan pebalap dengan baik. Terima kasih doa dan dukungannya," ucap Dadang.

Sementara itu pada nomor Criterium Putri, Indonesia belum mampu meraih medali dari tiga wakil yang turun yakni Magh Firotika Marenda yang finis di posisi keempat, Ayustina Delia Priatna di posisi kedelapan, dan Dewika Mulya Sova yang gagal finis.

Medali emas menjadi milik pebalap sepeda asal Thailand Jutatip Maneephan yang finis dengan catatan waktu 55,19 menit. Lalu perak menjadi milik wakil Vietnam Nguyen Thi That dengan catatan waktu yang sama. Pun demikian dengan perunggu yang menjadi milik Nur Aisyah Mohamad Zubir asal Malaysia.

Tim balap sepeda Indonesia secara keseluruhan telah mengoleksi 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Sebelumnya atlet yang turun disiplin MTB juga mendominasi perlombaan. Emas diraih melalui Feri Yudoyono di Cross Country Olympic (XCO) Putra. Pada nomor tersebut Zaenal Fanani juga menyumbang perak.

Kemudian, Sayu Bella Sukma Dewi berhasil meraih emas di nomor XCO Putri. Kemenangan Sayu Bella sekaligus mengakhiri paceklik emas pada nomor XCO Putri setelah kali terakhir pada SEA Games 2013 di Myanmar melalui Kusmawati Yazid.

Lalu Dara Latifah yang turun di nomor Cross Country Eliminator (XCE) Putri juga berhasil mendulang emas. Pada XCE Putra Ihza Muhammad meraih medali perunggu.

Emas lainnya datang dari nomor Mixed Cross Country Relay yang menurunkan komposisi, Dara Latifah, Sayu Bella Sukma Dewi, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono. (Knu)

Baca Juga

Berkalung Medali Emas dan Bunga, Tim Voli Indoor Putra Indonesia Tiba di Tanah Air

#SEA Games 2023 #Balap Sepeda
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan