Terpilih Sebagai Ketua MA, Syarifuddin Punya Harta Rp3,6 Miliar Prosesi sidang pemilihan Ketua MA. Foto:DOK.MA

MerahPutih.com - Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial Muhammad Syarifuddin resmi terpilih sebagai Ketua MA. Syarifuddin menggantikan Muhammad Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun sebagai Hakim Agung pada Selasa (7/4) besok.

Syarifuddin memperoleh 32 suara dari 47 suara dalam Sidang Paripurna Khusus yang digelar di Ruang Kusumaatmaja Gedung MA, Senin (6/4). Sementara, calon lainnya, Ketua Kamar Pengawasan MA Andi Samsan Nganro meraih 14 suara.

Baca Juga:

Ketika Ketua MA Hatta Ali Dianggap Gagal dan Didesak Mundur

Berdasarkan data dari elhkpn.kpk.go.id yang dilihat merahputih.com pada Senin (6/4), pria kelahiran Baturaja 17 Oktober 1954 ini melaporkan harta kekayaannya pada 28 Maret 2019.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, Syarifuddin tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp3,6 miliar. Adapun harta yang dimiliki mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung ini terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

ketua ma pemilihan
Prosesi sidang pemilihan Ketua MA. Foto:DOK.MA

Syarifuddin memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Yogyakarta, Ogan Komering Ulu, Banyumas, dan di Jakarta Selatan. Total nilai harta tak bergerak Syarifuddin senilai Rp2.907.152.000

Untuk harta bergerak, Syarifuddin memiliki alat transportasi senilai Rp 209 juta. Di antaranya satu mobil Daihatsu Terios tahun 2008 dan motor Kawasaki Ninja tahun 2005.

Baca Juga:

Intip Sidang Berjarak Pemilihan Ketua Baru MA Saat Wabah Corona

Selain itu, penyandang gelar Doktor Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan ini juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp39 juta serta kas dan setara kas senilai Rp672 juta.

Meski demikian, Syarifuddin tercatat memiliki utang sebesar Rp192 juta. Sehingga, total harta kekayaan Syarifuddin mencapai Rp3,6 miliar. (Pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH