Terpaksa Naik Pesawat Selama Pandemi? Duduklah di Kursi Dekat Jendela Duduk dekat jendela agar mengurangi interaksi dengan penumpang lain (Foto: Pexels/Tim Gouw)

SEBENARNYA kamu harus tetap di rumah selama situasi pandemi belum kondusif. Namun, jika terpaksa melakukan perjalanan domestik menggunakan pesawat, apa boleh buat. Mungkin kamu harus tetap melakukan perjalanan demi menolong sesama yang terjangkit COVID-19 di luar kota.

Potensi penularan di dalam pesawat cukup besar. Namun, kamu bisa mencegah terkena virus Corona di dalam pesawat dengan beberapa cara. Laman Smarter Travel menyarankan agar kamu duduk di kursi penumpang dekat jendela agar aman dari penularan COVID-19. Mengapa begitu?

Baca juga:

Penerbangan Internasional Mungkin Tidak akan Normal Hingga Tahun 2023

Duduk di kursi dekat jendela membuatmu mengurangi kontak dengan penumpang lainnya. Penumpang maupun awak kabin tentu akan berlalu lalang di lorong kabin pesawat. Ini membuatmu berpotensi melakukan kontak jarak dekat dengan orang lain jika duduk di kursi dekat lorong kabin.

Jangan duduk dekat lorong kabin (Foto: Pexels/Sourav Mishra)

Selain itu, tetaplah duduk selama perjalanan. Tahan dulu jika kamu butuh pergi ke kamar mandi. Sebisa mungkin kamu harus tetap berdiam di kursi pesawat sampai tiba di tujuan agar tidak berpapasan dengan penumpang lainnya.

Baca juga:

6 Negara Ini Menerapkan Wajib Karantina 14 Hari untuk Pelancong yang Datang

Selama berada di dalam pesawat, tetap lakukan protokol standar untuk mencegah COVID-19, pakai penutup wajah. Menurut CDC, penutup wajah tidak harus selalu masker. Kamu bisa memanfaatkan kain, handuk, hingga syal untuk menutupi wajahmu.

Setelah turun dari pesawat langsung cari toilet untuk cuci tangan (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Setelah turun dari pesawat, jangan lupa cuci tangan terlebih dulu. Cari toilet terdekat di bandara untuk cuci tangan. Saran CDC cuci tangan selama 20 detik. Jika malas atau ingin menghemat waktu, cukup gunakan hand sanitizer.

Jangan lupa, sebaiknya bawa makanan ringan dan botol minum yang bisa kembali digunakan selama penerbangan. Sejumlah maskapai mengurangi layanan memberikan makanan penumpang demi mengurangi interaksi sosial. (ikh)

Baca juga:

Paspor ‘New Normal’ bagi Penumpang Pesawat

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH