Kesehatan
Terobosan Kesehatan yang Mengubah Dunia Medis pada 2021 Inovasi pada bidang medis di tahun 2021 bukan hanya vaksin COVID-19(Foto: Pexels-MART PRODUCTION)

MEMANG ada satu penemuan besar menominasi berita utama kesehatan pada tahun 2021. Mau tidak mau fokus pemeberitaan selama pandemi adalah mengenai penemuan vaksin. Namun, juga ada banyak inovasi luar biasa lainnya yang menjadikan tahun ini benar-benar tidak seperti sebelumnya.

Berikut terobosan medis dan kesehatan paling kuat tahun 2021 yang disusun Prevention berdasarkan perbincangan dengan dokter terkemuka, pakar penyakit, peneliti, dan pembuat kebijakan.

Baca Juga:

Kolaborasi untuk Memberikan Proteksi Kepada Penumpang Pesawat

Lebih dari sekadar vaksin COVID-19

medis
Teknologi mRNA dalam vaksin COVID-19 sedang diteliti untuk penyakit menular lain. (Foto: Max Pixel)

Meskipun pandemi telah mengubah dunia selama hampir dua tahun, hal itu juga menyebabkan beberapa kemajuan medis yang luar biasa. Kamu sekarang bisa tes screening COVID-19 di rumah dengan hasil dalam 15 menit. Kamu dapat melakukan swab sebelum mengunjungi kakek atau mengantar anak ke sekolah. Ada obat dan perawatan baru untuk menjaga pasien COVID-19 agar tidak sakit parah. Dan tentu saja, berita terbesar dari semuanya adalah bahwa jutaan orang Indonesia telah menyingsingkan lengan baju mereka untuk mendapatkan vaksin yang aman dan sangat efektif.

Penemuan dalam vaksin COVID-19 ini mungkin akan terus berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang. Para peneliti sedang menguji apakah teknologi mRNA baru dalam dua vaksin COVID-19 suatu hari nanti dapat melindungi terhadap penyakit menular seperti rabies, Zika, HIV, kanker kulit, payudara, usus besar, dan banyak lagi. Inilah terobosan dunia medis terbesar.

Penggunaan psikedelik untuk terapeutik

medis
Hasil penelitian terbaru tahun ini telah memperkuat potensi terapeutik dari psikedelik. (Foto: usnews.com)

Obat-obatan psikedelik telah puluhan tahun penggunaannya untuk keperluan rekreasi dilarang. Namun, tahun ini penggunaan psikedelik seperti magic mushrooms di bidang penelitian psikologis, mencapai tahapan baru. Hanya dalam waktu satu tahun, institusi besar termasuk New York University dan University of California, Berkeley, AS, membuka pusat khusus, dan lebih dari 100 penelitian saat ini sedang meneliti LSD, MDMA, dan psilocybin dalam jamur karena kemampuannya membantu mengatasi masalah sakit kepala hingga anoreksia untuk kesehatan mental.

Hasil penelitian terbaru tahun ini telah memperkuat potensi terapeutik mereka, dengan satu penelitian menunjukkan bahwa MDMA berhasil mengobati PTSD parah dan yang lain menunjukkan bahwa psilocybin mengurangi gejala depresi berat seefektif antidepresan harian.

“Hanya satu atau dua dosis psikedelik dalam pengaturan yang didukung dapat memberikan peningkatan yang cepat dan mendalam,” kata Natalie Gukasyan, MD, direktur medis dari Center for Psychedelic & Consciousness Research di Johns Hopkins Bayview Medical Center, Baltimore, yang menekankan bahwa hasil ini berlaku untuk psilocybin bila digunakan dalam konteks terapeutik. Tidak hanya psikedelik ilegal di luar lingkungan penelitian hampir di mana-mana, tetapi pengaturan terkontrol dengan profesional terlatih dapat membantu mengurangi efek tripping yang buruk.

Cara mudah deteksi kanker

medis
Teknologi penyaringan sampel darah untuk fragmen DNA dapat mendeteksi lebih dari 50 jenis kanker. (Foto: medicaldevice-network.com)

Para dokter selalu mengatakan, deteksi dini adalah kunci untuk bertahan dari kanker, tetapi hanya beberapa tes (termasuk Pap smear, mammogram, skrining paru-paru, dan kolonoskopi) untuk mendeteksi kanker pada tahap yang paling dapat disembuhkan.

Itulah mengapa teknologi baru yang menyaring sampel darah untuk fragmen DNA dari lebih dari 50 jenis kanker menghasilkan kegembiraan yang luar biasa. Tes Galleri memberi tahu dokter jika kamu memiliki sinyal untuk penyakit tersebut dan menunjukkan dari organ mana penyakit itu berasal.

Hasil sementara dari uji klinis yang melibatkan 6 ribu orang berusia di atas 50 tahun menunjukkan bahwa tes tersebut membantu mendiagnosis 29 orang yang tidak tahu bahwa mereka menderita kanker paru-paru, ovarium, rektum, leher, payudara, dan pankreas, antara lain— untuk banyak di antaranya, ada tidak ada tes skrining lainnya. Tehnik biopsi cair ini, yang dimaksudkan untuk melengkapi alat skrining lain yang tersedia, tengah melalui proses mendapatkan persetujuan FDA, AS.

Baca Juga:

Pore Strip Merusak Kulit? Ini Kata Dermatolog

Cara baru mengetahui masa subur

medis
Alat tes ini mengukur dua jenis hormon untuk menguatkan identifikasi masa suburmu. (Foto: techcrunch.com)

Ketika kamu ingin hamil, setiap proses bisa menyiksa. Tes kesuburan di rumah untuk meningkatkan kemungkinan telah ada untuk sementara waktu, tetapi sebagian besar memindai urin hanya untuk satu hormon. Perangkat OOVA baru yang mudah digunakan, didukung oleh Rumah Sakit Mount Sinai New York, AS, mengukur dua jenis hormon untuk lebih menguatkan mengidentifikasi "jendela" masa suburmu. Hormon pertama adalah luteinizing yang naik sebelum telur dilepaskan. Hormon kedua adalah progesteron yang dipicu tepat setelah ovulasi.

Melacak keduanya meningkatkan akurasi sehingga mendekati keandalan tes darah, kata Serena H. Chen, M.D., seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School di New Jersey, AS. Sebuah aplikasi di ponsel juga tersedia untuk membaca strip tes setiap hari dan dengan jelas mengungkapkan waktu terbaik untuk sibuk membuat bayi.

Kemajuan penemuan obat Alzheimer

medis
Biogen's Aduhelm menjadi obat Alzheimer baru pertama yang disetujui oleh FDA. (Foto: khn.org)

Tahun ini dunia medis juga mencapai tonggak sejarah untuk obat-obatan baru untuk penyakit Alzheimer, penyebab paling umum dari demensia. Biogen's Aduhelm menjadi obat baru pertama yang disetujui oleh FDA dalam hampir 20 tahun, meskipun persetujuan tersebut tetap kontroversial.

Selain itu, donanemab dari Eli Lilly mendapat status Breakthrough Therapy setelah sebuah penelitian di New England Journal of Medicine bulan Mei menemukan bahwa orang dengan Alzheimer tahap awal mendapat skor lebih baik pada tes fungsi kognitif tertentu setelah satu setengah tahun infus bulanan, dibandingkan dengan mereka yang menerima plasebo.

Meskipun kita masih jauh dari penyembuhan, "Tidak pernah ada waktu yang lebih menarik dalam penelitian terapi Alzheimer," kata Maria Carrillo, Ph.D., kepala petugas sains di Alzheimer's Association, yang mencatat bahwa persetujuan pertama obat dalam kategori baru secara historis memperkuat penelitian di bidang ini, dan meningkatkan investasi yang mengarah pada lebih banyak inovasi. (aru)

Baca Juga:

Pisah Kamar Demi Kesehatan? Kenapa Tidak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Elliot Page Muncul Pertama Kali Setelah Mengaku Transgender
ShowBiz
Elliot Page Muncul Pertama Kali Setelah Mengaku Transgender

Mendapat banyak tawaran film. lmjasdsddsswss

Mercedes Tarik 1 Juta Lebih Kendaraannya
Fun
Mercedes Tarik 1 Juta Lebih Kendaraannya

Produsen mobil mewah itu mengatakan, tidak mengetahui tentang adanya kerusakan material.

Naura Kisahkan Tentang Mempertahankan Hubungan di Single "Jalan Tengah"
ShowBiz
Naura Kisahkan Tentang Mempertahankan Hubungan di Single "Jalan Tengah"

Naura kisahkan mempertahankan sebuah hubungan di single terbarunya

Sore Kejutkan Penggemar dengan ‘Real, Is It’
ShowBiz
Sore Kejutkan Penggemar dengan ‘Real, Is It’

Sore memberikan angin segar di awal Juni 2021 berupa single terbaru berjudul Real, Is It.

Lorde Umumkan Jadwal Rilis Album Baru dan Tur Dunia 2022
ShowBiz
Lorde Umumkan Jadwal Rilis Album Baru dan Tur Dunia 2022

Album ini akan mengisahkan tentang alam semesta dan juga bumi

Ultah Ke-24, Shaggydog Siapkan Kado Istimewa
ShowBiz
Ultah Ke-24, Shaggydog Siapkan Kado Istimewa

Shaggydog tetap solid dengan merombak lagu hits Di Sayidan menjadi dua versi sekaligus.

Latihan Tidur Halau Depresi
Hiburan & Gaya Hidup
Latihan Tidur Halau Depresi

Strategi perilaku, bukan pil, dapat mencegah perkembangan depresi.

Bintang The Crown Josh O'Connor Perankan Romeo dalam Pentas Teater
ShowBiz
Bintang The Crown Josh O'Connor Perankan Romeo dalam Pentas Teater

Mereka kemudian memproduksinya dalam bentuk film untuk stasiun televisi TV.

5 Game yang Wajib Kamu Mainkan di Apple Arcade
Fun
5 Game yang Wajib Kamu Mainkan di Apple Arcade

Rekomendasi game di Apple Arcade.

Cari Speaker Bluetooth Kualitas Terbaik? Nih 5 Rekomendasinya
Fun
Cari Speaker Bluetooth Kualitas Terbaik? Nih 5 Rekomendasinya

Nah, bagi kamu yang berencana ingin membeli speaker bluetooth dengan harga terjangkau tapi punya kualitas terbaik, lihat beberapa rekomendasinya di bawah ini, ya!