Ternyata Seperti Ini Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Maag Serat dari sayuran disarankan dikonsumsi oleh penderita maag (Foto: Pexels/Pixabay)

BAGI penderita gangguan maag, puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebab penderita maag takut perut mereka bisa sakit karena telat makan. Namun, kenyataannya enggak seperti itu. Puasa tetap aman bagi penderita maag.

Yang perlu diperhatikan ialah menu saat berbuka puasanya. Penderita maag enggak bisa sembarangan menyantap aneka jenis makanan. Apalagi jika porsinya juga berlebihan. Ditambah mengonsumsi makanan-makanan pedas yang dicocol sambal.

Menurut laman Go Dok, ada beberapa menu makanan yang aman dikonsumsi penderita maag untuk berbuka puasa. Pertama penderita maag perlu asupan makanan dengan kandungan magnesium. Asupan ini bisa didapat dari buah yang juga merupakan sumber karbohidrat, serat dan kalium.

Jenis buah yang disarankan untuk berbuka ialah kurma dan pepaya. Buah-buahan ini memiliki khasiat yang baik untuk meredakan rasa nyeri pada lambung. Meskipun buah baik, tetap hindari buah yang mengandung terlalu banyak serat. Karena enggak baik untuk lambung.

Kurma bagus untuk lambung (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Kacang-kacangan juga boleh kamu konsumsi saat berbuka. Contohnya kacang almond yang memiliki banyak kandungan protein dan serat. Sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita maag yang berbuka puasa. Sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, dan labu juga enggak masalah dikonsumsi.

Baca juga:

Puasa, Solusi Terbaik Atasi Kecanduan Merokok

Penderita maag juga harus menghindari makanan yang terlalu berlemak. Karena perut harus bekerja keras untuk mencerna lemak. Proses pencernaan seperti itu bisa menimbulkan rasa sakit pada perut. Tahu dan tempe merupakan protein nabati yang bagus. Karena kandungan lemaknya sedikit namun penuh nutrisi.

Tahu dan tempe rendah lemak tapi bernutrisi (Foto: Pexels/Buenosia Carol)

Sementara itu, untuk makanan berat, penderita maag aman mengonsumsi bubur ayam. Karena mudah dicerna. Tapi ingat ya, jangan pakai banyak sambal buburnya. Sate jeroannya juga harus dibatasi. Tambahan lauk sehatnya bisa telur rebus, ceplok atau ikan.

Minuman untuk penderita maag juga enggak bisa sembarangan. Tentu saja hindari minuman yang berkafein dan bersoda saat berbuka. Lebih baik perbanyak minum air putih. Atau kamu bisa mengonsumsi air kelapa muda yang bisa mengurangi rasa sakit pada maag.

Yuk sahabat Merah Putih yang punya penyakit maag, tetap semangat berpuasa ya! (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH