Ternyata Putus Cinta Bermanfaat Buatmu Putus cinta bisa memberikan dampak positif. (Foto: Pixabay/pixel2013)

PUTUS cinta memang bukan hal mudah. Kita semua pernah mengalami dengan proses berbeda-beda. Ada yang baru bisa move on bertahun-tahun kemudian, ada juga yang dengan cepat menggandeng pacar baru. Cinta memang sebuah perjalanan penuh pelajaran hidup. Makna yang bisa kamu dapat bukan melulu soal kamu dan dia. Melainkan self-esteem, penghargaan diri dan rasa ikhlas.

Melansir dari thebabereport.com, putus cinta bisa memberikan banyak manfaat bagi hidupmu. Apalagi jika kamu berhasil keluar dari abusive relationship. Di saat kita menangisi kepergiannya, di saat yang sama pula kita akan mulai mencintai diri sendiri dan lebih berhati-hati dalam memilih pasangan yang baru. Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah putus cinta? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga:

Deteksi Perselingkuhan Pasangan Lewat Media Sosial

1. Bebas

Kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau. (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)
Kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau. (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Tidak ada lagi yang mengatur hidupmu. Kamu bebas melakukan semua yang kamu mau. Batasan dalam pertemanan dan jam pulang pun sirna begitu saja. Di sini lah kamu bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik. Karena tidak ada yang melarang dalam melakukan suatu kegiatan. Manfaatkan kesendirianmu untuk menambah ilmu baru.

2. Hemat

Pengeluaran lebih berkurang. (Foto: Pixabay/nattanan23)
Pengeluaran lebih berkurang. (Foto: Pixabay/nattanan23)

Ketika masih pacaran pengeluaran akan sangat membengkak. Apalagi jika pasanganmu sering mengajakmu pergi kencan. Walaupun sekadar makan atau nonton bioskop, jika dihitung-hitung sebenarnya pengeluaranmu sangat menggunung. Setelah putus, kamu kembali memprioritaskan kebutuhanmu sendiri. Gaji tiap bulan masih bisa disisihkan untuk tabungan masa depan.

Baca juga:

Tips Ampuh Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor

3. Introspeksi

Putus cinta bisa mendewasakan mental. (Foto: Pixabay/ArmOrozco)
Putus cinta bisa mendewasakan mental. (Foto: Pixabay/ArmOrozco)

Percaya atau tidak putus cinta akan semakin mendewasakan kepribadianmu. Waktu lagi galau-galaunya proses move on, secara tidak langsung kamu akan introspeksi pada dirimu sendiri. Kamu akan mulai merenungkan masalah yang terjadi sepanjang hubungan tersebut berjalan. Pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa dalam retaknya sebuah hubungan bukan hanya satu pihak saja yang salah. Kamu pun bisa saja salah meskipun tidak menyadarinya sejak awal.

4. Gapai cita-cita

Mengejar cita-cita tanpa halangan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Mengejar cita-cita tanpa halangan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Ketika masih pacaran, meluangkan waktu untuk keluarga rasanya sulit sekali. Tidak hanya itu, waktu yang dihabiskan untuk pasangan kita seringkali membuat kesempatan kerja lewat begitu saja. Hal itu terjadi hanya karena kita mau menghargai pasangan. Gunakan kesempatan sendiri ini untuk mencapai cita-citamu. (mar)

Baca juga:

Sederet Langkah Sukses Menjalani Kencan Pertama


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH