Ternyata Pasangan Asyik Unggul dari Ridwan Kamil-Uu di Dua Lembaga Survei

Thomas KukuhThomas Kukuh - Kamis, 28 Juni 2018
Ternyata Pasangan Asyik Unggul dari Ridwan Kamil-Uu di Dua Lembaga Survei

MerahPutih.com - Pasangan Cagub-Cawagub Jabar Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) begitu yakin telah memenangkan pilkada. Hal itu berdasarkan hitung cepat dari sejumlah lembaga survei ternama. Ya, suara pasangan Rindu ini ditempel ketat perolehan suara pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu (Asyik). Tapi ternyata ada dua lembaga survei yang hasil hitung cepatnya memosisikan perolehan suara Asyik berada paling atas.

Dua lembaga survey dimaksud adalah Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dan Indonesia Development Monitoring (IDM). Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono menjelaaskan, pihaknya melakukan hitung cepat di 2.780 TPS yang berada di Jabar. Hasilnya memang sedikit berbeda dengan lembaga survei lain.

Pasangan Asyik ternyata unggul 0,51 persen dari pasangan Ridwan Kamil-Uu. Rinciannya adalah Ridwan Kamil-UU Ruzhanul 30,41 persen; TB Hasanuddin-Anton Charliyan 11,17 persen; Sudrajat-Ahmad Syaikhu 30,93 persen; Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 27,49.

Ridwan Kamil
Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. (ist)

Kata Arifin, LKPI melakukan hitung cepaty di TPS yang ada desa-desa di Jawa barat. Sedangkan lembaga lain terpantau hanya di kota-kota kabupaten dan kota madya. "Jumlah TPS yang di jadikan objek hitung cepat LKPI 67,3 persen berada di desa-desa," ucap Arifin di Jakarta, Rabu (27/6).

Sementara lembaga survei IDM mengambil data dari 3.573 TPS di Jabar. Direktur Eksekutif IDM Bin Firman Tresnadi mengatakan data yang telah masuk 100 persen pada Pukul 20.14 WIB. Lembaga ini mengambil data dari 57,3 persen TPS di pedesaan dan 42,7 persen di kota.

Hasilnya, pasangan Asyik juga unggul dari pasangan lain. Rinciannya,Ridwan Kamil-Uu 32,67 persen; TB Hasanuddin-Anton Charliyan 9,43; Sudrajat-Syaikhu 33,12; Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 24,78.

#Pilkada Jawa Barat #Pilkada Serentak 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan