Ternyata Mangga Bisa Lindungi Kamu dari Sinar UV Mangga sangat bermanfaat (Foto: Pixabay/liwanchun)

DI Indonesia ada banyak jenis mangga yang bisa dikonsumsi. Mulai dari mangga manalagi, Indramayu, hingga arumanis. Tapi siapa sangka, bukan hanya terkenal dengan rasa dan warnanya yang cerah, tetapi juga karena banyaknya manfaat kesehatan.

Mangga kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K dan kalium. Buah ini membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung.

Baca juga:

Benarkah Satu Slice Pizza Lebih Sehat daripada Semangkuk Sereal?

Ingin cantik? konsumsi mangga (Foto: Pixabay/LoggaWiggler)
Ingin cantik? konsumsi mangga (Foto: Pixabay/LoggaWiggler)

Nah, khusus untuk kesehatan kulit, ternyata sebuah penelitian mengatakan kalau mangga membantu melindungi kulit kamu dari radiasi ultraviolet (UV). Mangga dikemas dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi dan imunomodulator.

Studi ini menghubungkan sifat antioksidan dengan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari. Demikian juga, kandungan vitamin C dalam buah. Ia membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan sinar UV berbahaya matahari dan radikal bebas.

Baca juga:

Boleh Makan Mentah, Tapi Waspadai Hal Berikut

Menariknya, bukan hanya dagingnya saja, kulit buah manggu pun mampu mengatasi masalah dari sinar UV. Kulit mangga dikemas dengan antioksidan seperti mangiferin, norathyriol, resveratrol, dan quercetin. Semua itu memainkan peran utama dalam memerangi kerusakan kulit dari sinar UV.

Mangga mamu menangkal sinar UV (Foto: Pixabay/Josch13)
Mangga mamu menangkal sinar UV (Foto: Pixabay/Josch13)

Guna mendapatkan manfaat mangga tersebut kamu bisa melalui beberapa cara. Seperti menjadikannya smoothie, keripik mangga, atau memotong kulit mangga lalu memanggangnya di oven. Konsumsilah secara teratur, dalam jumlah yang terkontrol.

Penelitian ini belum menjalani uji coba pada manusia, namun, studi laboratorium menunjukkan hasil yang sangat positif. Sekarang, pilihlah beberapa mangga segar dan nikmati rasa manis dan rasakan manfaatnya untuk kulitmu.

Baca juga:

Berjuang Melawan Depresi, para Selebritas ini Berhasil Menyintas



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH