Ternyata Kucing Kenal dengan Nama Mereka, Tapi Suka Cuek Meski sering cuek, mereka tahu nama mereka (Sumber: Pixabay/DariuszSankowski)

PERNAHKAH kamu berpikir kalau kucing peliharaan tidak mengenali namanya meskipun telah dipanggil? Ternyata hal itu salah. Faktanya, kucing sebenarnya dapat merespons suara yang memanggil nama mereka. Hal itu dibuktikan dari studi terbaru oleh para ilmuwan Jepang.

Mereka melakukan empat percobaan kepada 16 hingga 34 kucing. Seluruh kucing sengaja diperdengarkan sebuah rekaman dari pemilik mereka ataupun bukan. Rekaman tersebut berisi daftar kata-kata kemudian diikuti oleh nama sang kucing.

"Kata-kata benda dengan panjang dan aksen yang sama dengan nama sang kucing," ucap salah satu peneliti.

Kucing mengenali nama mereka (Sumber: Pixabay/doanme)
Kucing mengenali nama mereka (Sumber: Pixabay/doanme)

Percobaan itu diterbitkan pada jurnal Scientific Reports menunjukan kalau seluruh kucing kehilangan minat saat mendengar daftar kata-kata. Manun menjadi semangat ketika nama mereka disebutkan. Tandanya mereka menggerak-gerakan kepala atau ekor.

Hasil dari seluruh percobaan juga menunjukan, kalau setidaknya kucing yang tinggal di rumah tangga dapat membedakan nama mereka sendiri. Mereka tahu perbedaan kata-kata umum dan nama-nama kucing lain.

Kucing kenal dengan nama mereka (Sumber: Pixabay/susannp4)
Kucing kenal dengan nama mereka (Sumber: Pixabay/susannp4)

Penelitian ini adalah bukti eksperimental pertama yang menunjukan kemampuan kucing memahami ucapan verbal manusia. Studi tersebut menambahkan kalau kucing kemungkinan besar hanya mengetahui nama mereka karena tahu mereka terhubung dengan imbalan atau hukuman.

“Nama-nama kucing dapat dikaitkan dengan imbalan, makanan, mengelus, dan bermain, atau dengan hukuman. Seperti membawanya ke klinik hewan atau mandi,” kata studi. (*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH