Ternyata Kecoa Bisa Dijadikan Bahan Kosmetik Kecoa jadi bahan kosmetik (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

APA kamu pernah membayangkan kalau kecoa bisa dipakai untuk mempercantik wajah? Tapi itu adalah fakta. Kecoa jenis Periplaneta americana atau biasa disebut dengan kecoa Amerika ternyata dapat dijadikan sebagai bahan untuk kosmetik.

Dilansir dari Anteranews.com, Sabtu (11/1) kecoa yang berwarna cokelat kemerahan dikembangkan di China untuk dijadikan bahan kosmetik dan obat. Ciri khas kecoa ini adalah panjang sekitar 1,6 inci dan bisa terbang saat sudah dewasa.

Baca juga:

Lihat Nih Kehidupan di Bawah Laut Dalam yang Bikin Penasaran

Kecoa punya segudang rahasia (Foto: Pixabay/Beeki)
Kecoa punya segudang rahasia (Foto: Pixabay/Beeki)

"Itu bukan seperti kecoa-kecoa yang Anda lihat di rumah, mereka itu kecoa Jerman. Ada ratusan spesies kecoa tapi cuma jenis ini yang punya nilai medis. Ini asli dari provinsi Guangdong," ucap Wang Fuming, peternak kecoa kenamaan dari provinsi Shandong, China pada Telegraph.

Pemimpin Asosiasi Serangga di Shandong, yang juga seorang profesor di Universitas Pertanian Shandong, Liu Yusheng menuturkan kalau kecoa adalah obat ajaib yang mampu menyembuhkan penyakit lebih cebat dibandingkan obat lainnya.

Baca juga:

Bakar Lemak dengan Muay Thai, Nih Rekomendasi Tempat Latihan yang Kece

Kecoa juga bisa dijadikan obat (Foto: Pixabay/Ann-Kanjana)
Kecoa juga bisa dijadikan obat (Foto: Pixabay/Ann-Kanjana)

Sementara itu di bidang kosmetik, kecoa bubuk dapat dijadikan krim untuk obat luka bakar di beberapa rumah sakit di China. Sementara di negara tetangganya, Korea, krim kecoa bisa disulap menjadi masker wajah.

Semenjak 2011, perternakan Wang tak pernah sepi permintaan. Ia bahkan bisa panen hingga lebih dari 100 ton kecoa setiap tahunnya. Kecoa akan dipanen sebelum mencapai empat bulan, atau ketika sayapnya belum tumbuh sempurna.

Istri Wang, Li Wanrong bahkan menggunakan olahan kecoa untuk mengatasi masalah kebotakan. "Aku mengaplikasikannya dari kulit kepala. Rambutku tumbuh lagi. Aku juga pakai masker wajah kecoa, orang-orang bilang aku awet muda," tuturnya.

Baca juga:

Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Susu Nabati


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH