Ternyata Durian Tak Mengandung Kolesterol Durian tidak mengandung kolesterol (Sumber: Pixabay/SpencerWing)

SELAMA ini penderita kolesterol dilarang memakan durian. Hal tersebut lantaran buah tropis ini dianggap akan memperparah penyakit kolesterol. Faktanya semua itu ternyata hanya mitos belaka.

Menurut spesialis nutrisi Rachel Olsen yang menutip riset US National Library of Medicine menjelaskan buah durian sama sekali tidak mengandung kolesterol. Buah durian bahkan mengandung banyak vitamin yang bagus untuk tubuh.

Selain itu durian juga kaya akan kandungan gizi. "Jadi durian merupakan buah yang memiliki komposisi nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari," ujar Rachel Olsen seperti dikutip Antaranews.

Buah durian ternyata tidak mempengaruhi kolesterol seseorang (Sumber: Pixabay/PublicDomainPictures)
Buah durian ternyata tidak mempengaruhi kolesterol seseorang (Sumber: Pixabay/PublicDomainPictures)

Lebih lanjut, ia menjelaskan kalau durian mengandung vitamin A, B kompleks, C serta mineral yang beragam seperti kalium, kalsium, zat besi, mangan, sodium, zinc dan fosfor. Ada juga anti oksidan yang tinggi untuk membantu mencegah kanker.

"Jadi jangan khawatir makan durian. Justru gizinya cukup lengkap untuk kebutuhan harian manusia," katanya.

Meski memiliki kandungan gizi mumpuni, mengonsumsi buah dan sayur yang variatif tetap diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian.

Meski demikian durian memiliki gula yang tinggi (Sumber: Pixabay/truthseeker08)
Meski demikian durian memiliki gula yang tinggi (Sumber: Pixabay/truthseeker08)

"Sebenarnya saat kita sudah rutin makan sayur dan buah, tetapi terkadang tubuh tidak dapat menyerapnya dengan maksimal akibat banyak faktor," katanya.

Berbeda dengan penderita kolesterol, orang yang mengidap diabetes harus membatasi asupan buah durian. Hal ini karena buah tersebut mengandung gula yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, rata-rata 1 kg durian berukuran hampir 1.350 kalori sehingga bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH