Ternyata Begini Cara Mendapatkan Layanan Memuaskan Dari Pramugari Pramugari tidak pernah membedakan status (Foto: Unsplash/Jacky Watt)

SIAPA sih yang tidak mau mendapatkan layanan memuaskan dari pramugari? Sudah cantik ramah pula. Benar-benar sosok pramugari yang kamu harapkan menemani penerbangan kamu bukan? Apalagi kalau durasi penerbangan kamu cukup lama. Dengan adanya layanan yang memuaskan dari pramugari penerbangan kamu pun akan menjadi lebih nyaman selama penerbangan. Kamu pun menjadi lebih puas.

Mengutip laman Travel+Leisure banyak penumpang yang merasa tidak mendapatkan layanan terbaik dari pramugari. Terutama pada penumpang kelas ekonomi. Mereka mengeluh karena hanya mendapatkan layanan ala kadarnya dari pramugari. Sebagai penumpang mereka merasa tidak diperhatikan oleh kru pesawat.

Berbeda bagi penumpang yang berada di kelas bisnis dan kelas satu. Para penumpang lebih mendapatkan perhatian. Soal memberikan layanan tidak perlu ditanya. Para pramugari akan melayani penumpang kelas itu dengan sopan, ramah, dan maksimal.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih supaya kamu bisa mendapatkan layanan memuaskan dari pramugari? Apa memang benar pramugari hanya baik kepada penumpang kelas satu dan kelas bisnis? Eits, jangan salah paham dulu. Kalau kamu menganggap pramugari pilih kasih, kamu salah besar.

Jadi begini, ada seorang pramugari maskapai Jetblue yang curhat mengenai pengalamannya sebagai pramugari pada forum flyertalk bernama Amanda Pleva. Ia tergerak untuk membuat tulisan di forum itu semenjak ada sebuah artikel yang ditulis media yang mengatakan penumpang kelas satu dan kelas bisnis lebih mendapatkan pelayanan terbaik dari pramugari dibandingkan kelas ekonomi.

Penumpang kelas satu lebih sopan dari penumpang kelas ekonomi (Foto: Pixabay/StockSnap)

Mungkin kamu akan mengira pramugari itu sombong. Tapi asal kamu tahu pekerjaan mereka itu sulit banget lo. "Anda tahu apa bagian terburuk dari pekerjaan saya? Itu membersihkan muntahan atau berurusan dengan penumpang yang marah yang berteriak di wajah saya," tulis Amanda.

Selain itu, menurut Amanda sebenarnya pramugari sudah mencoba memberikan keramahan kepada penumpang sejak awal menaiki pesawat. Pramugari selalu menyapa dengan memberikan senyuman kepada penumpang yang baru datang. Tapi nampaknya kata Amanda para penumpang justru yang tidak menghargai. Mereka tidak pernah menyapa balik atau setidaknya tersenyum.

"Seseorang melihat saya dengan jelas dan mengabaikan 'hello' saya dan berjalan lewat adalah pengalaman yang paling tidak manusiawi," lanjut tulisannya. Sebenarnya Amanda tidak mau mempermasalahkan hal itu. Tapi ia selalu kesal karena selama bertahun-tahun menjadi pramugari banyak penumpang yang enggan membalas sapaannya atau sekedar memberikan senyuman. Intinya ia mengharapkan ada respon dari penumpang agar suasana di dalam pesawat tidaklah kaku.

Namun, ia tidak menampik bahwa penumpang kelas satu dan kelas bisnis memang lebih mendapatkan layanan terbaik. Tapi bukan karena mereka telah membayar mahal, melainkan penumpang kelas tersebut lebih memiliki etika dibandingkan kelas ekonomi. Penumpang kelas satu dan bisnis kata Amanda lebih sering membalas sapaan para pramugari.

Selain itu, ia juga membenarkan bahwa penumpang kelas satu dan bisnis lebih mendapatkan pelayanan maksimal. Tapi lagi-lagi bukan karena masalah status. Jumlah penumpang setiap kelaslah yang mempengaruhi kualitas layanan. Jumlah penumpang kelas ekonomi itu sangat banyak.

Yang penting kamu ramah, maka pramugari akan memberikan layanan memuaskan (Foto: Pixabay/lukasbieri)

Jadi, pramugari tidak bisa maksimal karena harus malayani penumpang yang begitu banyak. Sementara penumpang di kelas satu dan bisnis jumlahnya lebih sedikit. Sehingga para pramugari memiliki lebih banyak waktu untuk memberikan layanan kepada setiap penumpang. "Itu tidak ada hubungannya dengan kelas atau status, itu hanya kendala waktu," jelasnya.

Amanda mengambil kesimpulan, intinya pramugari akan memberikan layanan yang memuaskan kepada setiap penumpang. Dengan catatan, para penumpang juga harus bisa menghargai kehadiran dan pekerjaan seorang pramugari.

Bahkan bukan sekadar memberikan layanan. Pramugari juga akan memberikan perhatian lebih kepada kamu. Misalnya bisa saja pramugari memberikan minuman gratis. Atau memberi tahu kamu kalau ada kursi kosong di baris depan.

Meskipun demikian, tidak semua pramugari seperti Amanda. Setiap pramugari memiliki karakter masing-masing. Ada yang tidak sabar, ada yang sangat penyabar meskipun penumpang tidak berperilaku baik kepada mereka.

Yang pasti, kunci ingin mendapatkan layanan memuaskan dari pramugari cuma satu. Kalau kamu ramah dengan pramugari, maka akan dibalas dengan keramahan juga. "Kami selalu menghargai wajah ramah, dan akan menyebar di antara para kru ketika orang-orang sangat baik," tukasnya.

Jadi Sahabat Merah Putih, kalau kamu berharap mendapatkan layanan memuaskan, kamu juga harus bersikap baik kepada pramugari ya. (ikh)

Baca juga: Berencana Liburan Melalui Travel Fair? Persiapkan Hal Ini

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo