Ternyata Banyak Musisi Dunia yang Punya Kepribadian Mirip Denganmu Selera musikmu dipengaruhi oleh kepribadian musisi yang kamu gemari loh (Foto: freepik)

BAGI banyak orang musik menjadi bagian yang besar dalam hidupnya. Terkadang, genre musik yang kamu gemari bisa mendefinisikan dan menilai sifat dan kepribadian kamu.

Rupanya, selain genre musik favoritmu, hasil riset terbaru mengatakan bahwa selera musikmu dipengaruhi oleh kepribadian sang musisi, tidak menutup kemungkinan kamu punya kepribadian yang sama dengan musisi favoritmu lho.

Baca juga:

Kepribadian Seseorang Dapat Dilihat Dari Jenis Kopi yang Diminum

Melansir laman Dailymail.co.uk, Ilmuwan dari empat universitas dari Amerika Serikat dan Israel melakukan riset terhadap penggemar dan 50 musisi seperti Beyoncé, Coldplay, Elton John, Taylor Swift, dan The Rolling Stones.

Ternyata Banyak Musisi Dunia yang Punya Kepribadian Mirip Denganmu
Five Big Personality Traits (Foto: Joshua Seong dari Verywellmind)

Riset berdasarkan Big Five Personality Traits yaitu OCEAN, Openness (keterbukaan), Conscientiousness (kesadaran diri), Extraversion (ekstraversi), Agreeableness (keramahan), dan Neuroticism (Neurotisme).

Dari sini para peneliti bisa memprediksi band atau musisi apa yang digemari seseorang berdasarkan usia, jenis kelamin, dan genre musiknya.

Dalam penelitian ini yang dinilai adalah personanya, bukan kepribadian pribadi para musisi. Apa sih yang dimaksud dengan kelima kepribadian besar itu? Berikut penjelasannya dan beberapa musisi yang masuk dalam kelima kepribadian besar.

Ternyata Banyak Musisi Dunia yang Punya Kepribadian Mirip Denganmu
Skor 50 musisi untuk openness, semakin pink warna namanya, semakin tinggi skornya, semakin biru warna namanya, semakin rendah skornya. (Foto: dailymail.co.uk)

Openness

Individu yang terbuka untuk belajar hal baru akan memiliki skor keterbukaan yang tinggi. Keterbukaan meliputi sifat-sifat seperti berwawasan luas, menyukai perubahan dan hal baru, imajinatif, dan memiliki minat yang beragam. Individu yang kurang terbuka dan takut akan perubahan akan memiliki skor yang rendah.

Musisi-musisi yang memiliki skor openness yang tinggi adalah Radiohead, The Killers, Marvin Gaye Daft Punk, Hans Zimmer, David Bowie, Bob Dylan, dan Erykah Badu. Musisi dengan skor rendah di antaranya Taylor Swift, George Strait, 50 Cent, dan Justin Bieber.

Conscientiousness

Individu yang memiliki tingkat kesadaran diri tinggi akan memiliki skor conscientiousness yang juga tinggi. Mereka juga lebih bisa diandalkan, cepat, terorganisir, memiliki jadwal pasti, dan detail. Individu yang suka menunda-nunda pasti skornya rendah.

Musisi-musisi yang memiliki skor conscientiousness yang tinggi adalah, George Strait, Marvin Gaye, Erykah Badu, dan Carrie Underwood. Yang rendah seperti, Paul McCartney, Daft Punk, Nirvana, Bob Dylan, dan Radiohead.

Baca juga:

Kepribadian Perempuan Berdasarkan Bentuk Alisnya, Kamu yang Mana?

Extraversion

Extraversion terkadang ditulis extroversion, adalah individu yang extrovert dan sangat outgoing, gemar bersosialisasi, energetic pasti memiliki skor extraversion yang tinggi. Individu yang introvert tentunya akan memiliki skor extraversion rendah.

Musisi-musisi yang memiliki skor extraversion yang tinggi adalah, Lil Wayne, Beyonce, 50 Cent, Jay-Z, Britney Spears, Justin Bieber, dan Marvin Gaye. Yang rendah seperti, Hans Zimmer, Pearl Jam, dan David Bowie.

Agreeableness

Agreeableness berkaitan dengan kepribadian yang ramah, empatik, peduli akan sesama, penuh kasih sayang, dan kooperatif. Individu yang memiliki skor agreeableness rendah cenderung lebih kompetitif, tidak memperdulikan perasaan orang lain, dan manipulatif.

Musisi-musisi yang memiliki skor agreeableness tinggi adalah George Strait, Coldplay, U2, Journey, Carrie Underwood, Marvin Gaye, Norah Jones, Dave Matthews Band, dan John Mayer. Mereka yang memiliki skor rendah termasuk Whitney Houston, Britney Spears, Ozzy Osbourne, Guns N'Roses, dan Nirvana.

Neuroticism

Neuroticism berkaitan dengan stabilitas emosional seseorang. Individu yang memiliki skor neuroticism yang tinggi cenderung sering stres, sedih, gugup, dan suasana hati yang suka berubah secara dramatis, intinya berkaitan dengan emosi-emosi yang negatif.

Musisi-musisi yang memiliki skor neuroticism tinggi adalah Evanescence, Fall Out Boy, dan David Bowie. Sebaliknya, Jay-Z, Marvin Gaye, Erykah Badu, Michael Jackson, Alicia Keys, Black Eyed Peas dan Lil Wayne memiliki skor neuroticism rendah.

Ternyata Banyak Musisi Dunia yang Punya Kepribadian Mirip Denganmu
Musik dapat menyatukan orang (Foto: wallpaperstock)

Melansir laman Dailymail.co.uk, Dr. David Greenberg yang terlibat dalam studi ini mengatakan, "di dunia sekarang dimana perpecahan sosial meningkat, studi kami menunjukkan bagaimana musik dapat menjadi persamaan yang bisa menyatukan orang-orang."

Mengetahui kepribadian para musisi, industri musik bisa memanfaatkannya untuk membuat target audiens. Musik sangat berpengaruh pada mood kita, maka alangkah baiknya kalau kita mengetahui musisi dan bisa mendengarkan musik yang sesuai dengan kepribadian kita. (lev)

Baca juga:

Nyata Ada! Orang dengan Kepribadian Ganda


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH