Ternyata Ayah Mengalami Dad Shaming (Ayah juga mendapat banyak kritikan cara mendidik anak. (Foto: Unsplash/Chris Benson)

TUNTUTAN menjadi orang tua bukan lah hal mudah. Tidak hanya ibu yang memiliki tanggung jawab besar untuk membesarkan anak dengan baik. Ayah juga memiliki peran penting untuk bertanggung jawab kepada tumbuh kembang anak.

Memang banyak kritikan yang dilontarkan kepada ibu tentang hal mengasuh anak. Namun, saat ini ada banyak ayah yang juga dikritik tentang peran mereka sebagai orang tua.

Baca juga:

Bukan Cuma Perempuan, Pria juga Bisa Mengalami Baby Blues

Dilansir dari Parents, sebuah penelitian membuktikan 52 persen ayah mengatakan mereka banyak menerima kritikan karena cara mendidik mereka sebagai orang tua.

Ada banyak kritikan yang mereka dapatkan, entah terlalu kasar atau kurangnya perhatian kepada anak. Ayah dan ibu memiliki gaya mendidik yang berbeda, tetapi itu bukan lah suatu hal yang buruk. Seperti apa sih bentuk-bentuk Dad Shaming itu?

1. Cara ayah mendisiplinkan anak

Cara mereka mendidik dan mendisiplinkan anak. (Foto: Unsplash/Crema Joe)

Tidak jarang kalau ayah dikritik tentang bagaimana cara mereka untuk mendisiplinkan anak. Laman Alodokter mengatakan para ayah dikenal dengan sikapnya yang tegas. Namun, kadang dinilai terlalu keras untuk anak.

Sedangkan di sisi lain bila ayah yang terlalu membebaskan anaknya dianggap memanjakan. Perlu diingat juga kalau setiap orang tua entah itu ayah atau ibu memiliki cara didikan yang berbeda.

2. Komentar tentang pertumbuhan anak

Banyak komentar tentang bagaimana sang ayah menjaga pertumbuhan sang anak. (Foto: Unsplash/Peter Dlhy)

Tidak hanya bagaimana mendisiplinkan anak, sering kali Dad Shaming juga dilontarkan karena tumbuh kembang anak. Mulai dari kecepatan mereka lancar berbicara atau bahkan tentang fisik anak.

Biasanya hal ini terjadi karena stereotip tentang ayah yang tidak tahu tentang kebutuhan nutrisi atau cara-cara untuk tumbuh kembang si anak.

Baca juga:

Enggak Perlu 'Ngegas', Hadapi Body Shaming dengan Elegan

3. Cara bermain ayah dengan anak

Ayah sering mendapatkan kritikan tentang cara bermainnya dengan sang buah hati.(Foto: Unsplash/Derek Owens)

Sering melihat ayah yang mengajak main anaknya? Biasanya permainan bersama sang ayah lebih melibatkan kegiatan fisik. Tak jarang jadinya gaya bermain ayah dengan anak mendapat banyak kritikan.

Permainan fisik dikritik karena takut membahayakan sang anak. Namun, kembali lagi yang paling mengerti bagaimana anaknya bisa bermain itu ya orang tuanya.

Dari ketiga Dad Shaming tadi, ayah memiliki tuntutan yang besar untuk mendidik anak. Meskipun menjadi seorang ayah bukan berarti membuatnya langsung memahami bagaimana cara mendidik anak dengan benar. Semua orang tua perlu belajar bagaimana mendidik buah hati mereka. (ren)

Baca juga:

Tiga Cara Jadi Ayah Keren bagi Keluarga



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH