Ternyata Akrobatik Juga Punya Manfaat untuk Tubuh Akrobat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay/Mariamichelle)

SIAPA yang tidak takjub ketika menonton pertunjukan akrobatik di sirkus? Melihat tubuh atletis menari-nari di se-bilah tiang. Para penampil akrobat juga kerap menunjukkan kebolehannya dengan melayang di udara hanya dengan seutas tali. Latihan secara disiplin memang diperlukan untuk bisa melakukan atraksi akrobat dengan sempurna. Meskipun melalui proses yang sangat keras, tetapi akrobat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Akrobat sendiri sering dikaitkan dengan aktivitas senam seperti sirkus, acro dance, dan gymnastic. Semuanya memiliki elemen yang sama dan bertumpu pada kelenturan tubuh. Melansir dari laman gymnastics.org.au, atraksi akrobatik bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Dibutuhkan komitmen yang tinggi dalam latihan. Resiko yang harus dihadapi sangat besar.

Baca juga:

Berliburlah, Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Pemain akrobatik sudah akrab dengan cedera maupun patah tulang. Di samping risiko yang menyeramkan, simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaatnya bagi kesehatan tubuhmu.

1. Tubuh Lentur

Ternyata Akrobatik Juga Punya Manfaat untuk Tubuh
Kelenturan tubuh akan selalu terjaga. (Foto: Pixabay/TheVirtualDenise)

Terbiasa melatih fleksibilitas otot, lama-lama tubuh semakin lentur dan luwes. Kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang berpotensi menyerang sendi dan tulang.

Tubuh yang lentur juga akan membuat peredaran darah semakin lancar karena tidak ada kalori berlebih yang tersumbat di bagian tertentu dalam tubuh.

Baca juga:

Manfaat Asam Malat untuk Tubuh

2. Imun Tubuh

Ternyata Akrobatik Juga Punya Manfaat untuk Tubuh
Akrobat bisa meningkatkan imun tubuh. (Foto: Pixabay/Lazare)

Melakukan latihan akrobatik memungkinkan tubuh menghasilkan imun secara optimal. Karena melalui proses latihan, seluruh bagian tubuh akan ditempa oleh tekanan yang kuat.

Akrobatik bisa membuatmu terhindar dari penyakit jantung, kanker, obesitas, dan diabetes. Setiap gerakannya mampu membakar tumpukan lemak di seluruh tubuh.

3. Pribadi Disiplin

Ternyata Akrobatik Juga Punya Manfaat untuk Tubuh
Melatih diri menjadi pribadi disiplin. (Foto: Pixabay/089photoshootings)

Latihan akrobat harus dilakukan secara rutin dan non-stop sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun. Karena kelenturan tubuh harus dijaga setiap hari. Jika jadwal latihan meleset, tubuhmu bisa kembali kaku dan sulit untuk melakukan atraksi di atas panggung. Itu lah alasan kenapa para pelaku akrobat perlu memiliki sifat disiplin. (mar)

Baca juga:

Mandi Air Dingin Bisa Mencegah Depresi, Begini Penjelasan Ilmiahnya


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH