Ternyata Ada Desa Setan dan Siluman di Indonesia Menyeramkan ada Desa Setan di Indonesia. (Foto: Munsypedia)

UNIK demikian jika kita membaca nama-nama desa yang ada di berbagai pelosok Indonesia. Bahkan ada nama-nama yang 'tidak umum' dipakai. Nama desa-desa ini kdang membuat dahi mengernyit kemudian tersenyum. Meskipun dianggap unik, kalau tidak bisa disebut aneh, namun desa ini sangat mudah diingat oleh orang.

Berikut merahputih.com mengumpukkan dari berbagai sumber.

Desa Koplak

desa koplak
Tidak ada yang koplak di dusun ini.(Foto: videoviral-top)

Koplak dalam bahasa Jawa berarti gila atau sinting, bahasa yang dipakai dalam pergaulan yang akrab. Desa ini sempat menjadi viral di internet karena namanya itu. Meskipun bernama Koplak namun tidak ada satupun penduduknya yang koplak lho! Desa ini masuk wilayah Umbulmartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman.

Desa Tutup

Kamu mungkin tertawa, kok desanya tutup? Memang ada jam bukanya? Desa ini berada di di kecamatan Tunjungan, kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Desa Kebocoran

Bisa jadi semua rumah di desa ini mengalami kebocoran atap. Apakah demikian? Tentu saja tidak! Rumah di desa ini baik-baik saja, tidak ada yang mengalami kebocoren, mungkin satu-dua rumah saja. Desa ini terletak di kecamatan Kedung Banteng, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Desa Kasmaran

Bisa jadi atmosfer desa ini penuh cinta dan kedamaian. Meskipun demikian penamaan desa ini tidak ada yang mengetahuinya. Yang jelas desa ini adalah desa transmigrasi asal Pulau Jawa. Desa Kasmaran terletak di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Desa Kandangsapi

Mungkin desa ini yang sesuai dengan penamaannya. Mata pencaharian penduduknya kebanyakan memelihara sapi. Wajar saja bila kemudian banyak kandang sapi di desa ini Desa Kandangsapi berada di kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah.

Desa Setan

desa setan
Desa dan dusun setan yang tidak ada setannya. (Foto: Blog Unik)

Nah ini yang seram, ada desa setan di Indonesia. Apakah banyak setannya? Ternyata bukan demikian. Penamaan Desa Setan merupakan kependekan dari Secang Wetan. Desa Setan terletak di Candiretno, kecamatan Secang, Magelang. Seperti Desa Koplak, Desa Setan sempat pula menjadi viral di media sosial. Nama yang sama juga dipakai pada dusun yang ada di Ngemplak, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Desa Siluman

Yakin enggak ada siluman di Desa Siluman? Jangan khawatir memang tidak ada silumannya kok! Seperti Desa Setan, Desa Siluman diambil dari kependekan sungai yang mengalir di dekat desa itu, Cisiluman. Desa ini masuk dalam wilayah Subang, Jawa Barat.

Desa Pocong

Wah, seram banget! Tapi desa ini aman saja kok! Enggak ada pocong yang seliweran apalagi menghuni desa ini. Silahkan berkunjung ke desa yang ada di kecamatan Tragah, kabupaten Bangkalan, Madura. Nama itu muncul dahulu ada warga desa yang meninggal dan menghantui warganya menjadi pocong.

Desa Cawet

Dalam bahasa Jawa cawet berarti celana dalam. Konon penamaan desa itu berasal dari sesepuh setempat bernama Cawitali. Entah mengapa kemudian berubah menjadi Cawet. Desa ini ada di kecamatan Watukumpul, kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Sedangkan di Kecamatan Kota Sumenep terdapat desa bernama Kolor.

desa
Penamaan yang unik. (Foto: kwikku)

Desa Toket

Merujuk dari bahasa slank, toket berarti payudara. Tidak ada cerita yang pasti mengenai penamaan desa yang mengundang senyum ini. Desa Toket masuk wilayah kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan, Madura. Sedangkan di Sayegan, Sleman terdapat Desa Sonoharjo dahulunya bernama Desa Bokong. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH