Ternyata 4 Makanan Ini Enggak Perlu Disimpan di Kulkas Makanan-makanan ini tetap awet meksipun tidak disimpan di dalam kulkas. (Foto: Pixabay/Pexels)

SALAH satu alasan utama mengapa makanan disimpan di kulkas adalah agar tetap awet dan tahan lama. Oleh karena itu, hampir setiap rumah tangga pasti memiliki setidaknya satu kulkas. Faktanya, ada beberapa makanan yang tidak perlu disimpan di kulkas, lho! Justru ketika disimpan di kulkas, makanan tersebut akan terasa kurang nikat. Melansir laman Pure Wow, berikut empat makanan yang enggak perlu disimpan di kulkas.

Baca juga:

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Jeruk Yuzu

1. Tomat

Ternyata 4 Makanan Ini Enggak Perlu Disimpan di Kulkas
Tomat ternyata lebih awet jika diletakkan di suhu ruangan biasa. (Foto: Pixabay/diapicard)

Tomat merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering kita jumpai di dalam kulkas. Sebagian besar orang berpikir bahwa tomat disimpan agar tetap awet dan tidak busuk. Faktanya, tomat akan lebih awet jika diletakkan di suhu ruangan biasa.

Menurut para ahli di Serious Eats, suhu lemari es sebenarnya sedikit terlalu dingin untuk menyimpan tomat yang optimal dan dapat membuat teksturnya terasa lembek seperti tepung. Jika kamu khawatir hal ini terjadi, kamu bisa mendinginkannya atau menggunakannya segera.

2. Madu

Ternyata 4 Makanan Ini Enggak Perlu Disimpan di Kulkas
Madu akan tetap awet jika diletakkan di suhu ruangan biasa selama satu tahun. (Foto: Pixabay/stevepb)

Suhu dingin pada kulkas ternyata dapat menyebabkan kristal gula terbentuk lebih cepat. United State Department of Agricultural (USDA) mengatakan bahwa madu sebaiknya diletakkan pada suhu kamar setidaknya selama satu tahun.

Tidak perlu khawatir, kamu masih akan tetap bisa mengonsumsi madu tersebut meskipun kualitasnya tidak sebaik awal saat membeli. Untuk melunakkan madu yang mengkristal, panaskan dengan di dalam panci berisi air panas.

Baca juga:

Lembapkan Kulit Menggunakan Minyak Zaitun Selama #DiRumahAja

3. Selai kacang

Ternyata 4 Makanan Ini Enggak Perlu Disimpan di Kulkas
Tidak perlu khawatir, selai kacang akan tetap awaet meskipun tidak diletakkan di dalam kulkas. (Foto: Pixabay/ stevepb)

Ada banyak perdebatan seputar selai kacang yang diletakkan di dalam kulkas. Namun menurut ESDA, toples yang dibuka akan tetap segar pada suhu kamar selama dua hingga tiga bulan.

Berbeda dengan selai kacang alami yang menjadi lebih cepat tengik dan harus disimpan di dalam kulkas jika kamu membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskannya.

4. Kopi

Ternyata 4 Makanan Ini Enggak Perlu Disimpan di Kulkas
Tumbuk biji kopi ketika ingin bepergian dengan jangka waktu yang panjang. (Foto: Pixabay/Christoph)

Banyak barista merekomendasikan untuk menyimpan bubuk kopi dalam wadah kedap udara yang jauh dari kelembaban, panas, dan sinar matahari.

Kamu juga bisa menyimpannya di dapur selama kurang lebih dua minggu. Akan lebih baik lagi, gilng biji kopi ketika kamu ingin meninggalkan rumah agar tetap lebih segar. (and)

Baca juga:

Roti Kodok, Tren Makanan Baru yang Viral di Media Sosial


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH